Pada opsi ini admin dapat melihat detail data task disertai dengan beberapa opsi yang tersedia pada form tersebut. Adapun penjelasan mengenai opsi ini bisa dilihat pada poin berikut.
A. VIEW DATA TASKS AWAL #
Mula – mula Admin bisa melakukan view data awal melalui langkah berikut ini.
1) Pada tabel data tasks pilih salah satu data lalu klik link opsi VIEW
2) Setelah tombol diklik akan muncul tampilan detail dari data tasks dengan detail sebagai berikut
3) Dari tampilan di atas terdapat data detail berupa :
- Tombol opsi task berupa marked as complete, timesheet, dan start timer
- Form checklist item, berupa form yang dapat diisi dengan data checklist task
- Tombol Opsi data, berisi tombol opsi untuk melakukan kelola data lanjutan dari data tasks
- Detail task, berisi detail data task berupa status, start and end date, priority, hourly rate, billiable, logged time, estimated hour, dan tag
4) Adapun pada tampilan view bagian bawah terdapat tampilan sebagai berikut.
5) Dari tampilan di atas terdapat data detail berupa :
- Form attachment & comment, berisi form berisi file yang masuk ke dalam task dan komentar
- Form Lain, berisi form reminders, assignees, dan follower
6) Adapun untuk opsi yang dapat dijalankan pada view tasks ini akan dijelaskan pada poin selanjutnya
B. OPSI MARK AS COMPLETE & TIMESHEET #
Pengguna dapat ubah data status dari task menjadi complete dan mengatur timesheet atau tabel waktu dari pekerjaan. Selengkapnya lihat poin poin berikut.
1) Untuk opsi mark as complete dapat digunakan jika task dirasa sudah selesai. Admin dapat langsung klik tombol tersebut untuk memprosesnya
2) Setelah tombol diklik akan muncul notifikasi sukses dan data tasks berubah statusnya menjadi complete atau selesai
3) Admin dapat mengubah kembali statusnya menjadi tidak selesai dengan klik tombol centang tersebut lalu statusnya akan kembali ke semula seperti gambar berikut.
4) Pada opsi selanjutnya terdapat timesheet dimana admin dapat klik tombol timesheet lalu secara otomatis akan muncul form timesheet berikut.
5) Isikan data timesheet mulai dari start time dan end time, member, dan note. Jika data sudah tepat klik tombol save
6) Jika proses save berhasil maka data timehseet akan muncul di tabel dan admin dapat hapus data tersebut bila perlu dengan klik tombol delete pada ujung kanan tabel
C. OPSI TIMER #
Admin juga bisa menggunakan timer task agar dapat masuk ke dalam timesheet sebagai pengingat pekerjaan. Untuk caranya sendiri dapat lihat poin berikut
1) Mula – mula admin dapat klik tombol start timer untuk memulai timer
2) Setelah tombol hapus diklik secara otomatis data timer akan masuk ke timesheet berikut ini.
3) Admin dapat lakukan stop timer untuk menghentikan timer task bila diperlukan dengan klik tombol tersebut lalu akan muncul konfirmasi berikut ini
4) Isikan note pada timer yang ada dan klik save sehingga proses timer berhenti
D. KELOLA CHECKLIST #
Pada opsi ini admin dapat kelola data checklist dari sebuah task yang sedang dijalankan. Ada beberapa opsi yang bisa dilakukan oleh admin pada opsi ini antara lain sebagai berikut.
1) Mula mula admin dapat tambahkan checklist dengan klik tombol tambah checklist item pada laman view berikut
2) Jika tombol diklik secara otomatis akan muncul form tambah checklist dan admin dapat langsung input ceklis yang diinginkan. Setelah itu secara otomatis checklist akan masuk ke daftar
3) Selain tambah manual Admin juga dapat mengisi checklist dengan memilih template yang sudah ada. Caranya klik insert checklist templates lalu pilih salah satu data template dan secara otomatis data ceklis akan masuk ke daftar.
4) Pada opsi lain data checklist dapat ditambahkan staff yang mengerjakannya. Caranya dengan klik tombol assign staff lalu pada tombol opsi di ujung kanan tampilan
5) Setelah tombol assign diklik akan muncul daftar staff yang ada, klik data admin dan secara otomatis data admin yang dipilih akan masuk ke daftar ceklis berikut
6) Pada opsi berikutnya terdapat save as template untuk menyimpan data ceklis ke template. Caranya cukup klik tombol save as template lalu secara otomatis data tersebut akan masuk ke daftar template ceklis
7) Adapun opsi terakhir pada checklist ialah delete dimana admin dapat klik tombol delete lalu sistem otomatis akan menghapus data ceklis tersebut.
E. KELOLA KOMENTAR #
Admin juga bisa melakukan kelola data komentar pada data tasks yang ada bila diperlukan. Adapun untuk caranya dapat lihat penjelasan berikut
1) Pada laman view task lihat bagian komentar dan admin dapat langsung input data komentar seperti gambar berikut.
2) Setelah komentar diisi admin dapat klik tombol add coment lalu tunggu proses sampai data komentar masuk ke view task
3) Admin dapat tambahkan komentar lainnya atau melakukan opsi lain pada komentar seperti edit dan delete yang tersedia pada tombol opsi di bagian kanan komentar.
F. TOMBOL ACTION & UBAH STATUS #
Pada opsi ini admin dapat menggunakan tombol action pada laman view dan lakukan update progress secara langsung. Adapun apa saja opsi yang ada dapat dilihat pada penjelasan berikut.
1) Pada opsi awal yakni tombol action admin dapat klik tombol titik tiga di ujung kanan view task di sebelah task info lalu akan muncul daftar berikut ini.
2) Dari tombol yang tersedia terdapat opsi edit, copy, dan delete data yang berfungsi untuk mengelola data tersebut. Untuk penjelasan mengenai opsi ini akan dibahas pada tutorial berikutnya
3) Adapun untuk opsi ubah status admin dapat klik link status pada task info lalu akan muncul pop up berikut ini.
4) Pada pop up status Admin dapat ubah data status sesuai ketentuan dan bila berhasil maka akan muncul notifikasi sukses berikut ini.
G. KELOLA ASSIGNEES & REMINDERS #
Pada opsi ini admin dapat melakukan kelola assignees dan reminders pada laman view. Assignees adalah pihak yang ditugasi dan reminders adalah pengingat yang diberikan kepada pihak terkait. Selengkapnya lihat penjelasan berikut.
1) Untuk opsi assignees admin dapat klik pilihan assign task to lalu akan muncul pilihan staff berikut.
2) Dari pilihan yang ada pilih salah satu staff atau admin yang akan ditugasi setelah itu secara otomatis data staff akan masuk ke data assignees berikut ini.
3) Pada opsi lainnya admin jugadapat lakukan opsi delete bila perlu pada data assignees yang tidak berlaku dengan klik delete.
4) Sedangkan untuk opsi reminders admin dapat klik tombol create reminder untuk melakukan tambah data reminders
5) Setelah link diklik akan muncul form tambah reminders lalu admin sisikan data secara langsung mulai dari date, set reminder to (staff), dan deskripsi. Lihat gambar berikut
6) Jika seluruh data reminders sudah tepat klik create dan tunggu prosesnya hingga reminders berhasil masuk ke laman view task berikut
7) Setelah data masuk admin masih bisa melakukan tambah data reminders baru atau edit dan delete data reminder yang sudah ada dengan klik tombol opsi edit dan delete
H. KELOLA ATTACHMENT #
Admin dapat lakukan kelola data attachment yang tersedia di laman view task dengan melakukan beberapa opsi berikut ini.
1) Pada awalnya admin dapat upload data attachment yang baru dengan lihat form drop file to upload lalu klik link tersebut
2) Jika link sudah diklik pilih file yang akan diupload lalu tunggu proses upload berjalan hingga masuk data attachment berikut ini
3) Setelah data masuk ke sistem Admin dapat lakukan opsi lain seperti hapus data dengan klik tombol hapus di ujung kanan atachment.
4) Jika tombol delete diklik akan muncul konfirmasi untuk hapus data dan klik OK untuk lanjutkan prosesnya
5) Pada opsi lainnya admin juga dapat unduh file dengan cara klik download all lalu tunggu prosesnya sampai file terunduh ke komputer