Menu ini merupakan menu yang mengelola data attendance atau kehadiran/absensi dari para pegawai. Adanya data kehadiran penting bagi perusahaan yang ingin melakkan remunerasi dan payroll karena perhitungan gaji juga dilakukan berdasarkan hal ini. Untuk memahami apa saja opsi di menu ini simak ulasan berikut.
A. TAMPILAN MENU ATTENDANCE #
Untuk embuka menu ini admin dapat klik menu attendance lalu akan muncul laman berikut ini.
⇓⇓⇓
Detail tampilan menu tersebut adalah sebagai berikut :
- Tombol Opsi, merupakan tombol opsi yang tersedia di laman mulai dari add attendance dan import attendance
- Filter Data, merupakan filter data untuk menampilkan data attendance berdasarkan bulan dan tahun
- Opsi Tabel & Tombol Ekspor, berupa tombol untuk memfilter data berdasarkan jumlah row tabel, tombol untuk ekspor data ke beberapa jenis file
- Tabel Data, berupa tabel data attendance berisi kolom date dan tombol action untuk view / edit attendance
Adapun untuk opsi dari menu ini silahkan simak penjelasan pada poin selanjutnya.
B. ADD & IMPORT ATTENDANCE #
Admin dapat lakukan tambah data attendance yang baru atau melakukan import data melalui file. Untuk cara melakukan opsi ini silahkan simak penejlasan berikut.
1) Untuk add attendance admin dapat klik add attendance untuk tampilkan form
2) Pada laman tambah data yang muncul admin dapat langsung isikan data attendance berupa tanggal attendance. Setelah itu klik save untuk menyimpan data
3) Tunggu proses save data berjalan di sistem dan bila berhasil maka data baru akan muncul di sistem disertai notifikasi sukses berikut.
4) Sedangkan untuk import data admin dapat lakukan dengan klik tombol import attendance
5) Setelah tombol diklik akan muncul form import berupa period dan form upload. Bila file belum ada admin dapat download sample import absensi dengan klik download sample
6) Setelah file terunduh admin dapat isikan data absensi pada file mulai dari tanggal, nama, email, status, dan lainnya
7) Adapun bila file sudah siap lanjutkan import dengan mengupload file tersebut dan klik tombol import
8) Tunggu proses save data berjalan di sistem dan bila berhasil maka data baru akan muncul di sistem disertai notifikasi sukses berikut.
C. VIEW & EDIT ATTENDANCE #
Admin dapat lakukan opsi view data attendance dengan lebih detail sekaligus melakukan edit data terseut. Untuk cara yang bisa dilakukan di menu ini ikuti penjelasan berikut.
1) Pada tabel data pilih salah satu data lalu klik tombol view
2) Setelah tombol diklik akan muncul laman edit data attendance dimana terdapat form tanggal dan tabel attendance yang berisi data staff beserta keterangan attendance (Status, overtime, dan late). Lihat gambar berikut
3) Admin dapat langsung edit data dengan mengubah attendance status, overtime hours, dan late. Ketika data dirubah maka secara otomatis akan berubah statusnya sebagai berikut ini.
4) Adapun jika seluruh data sudah tepat admin perlu untuk klik tombol save untuk menyimpan data tersebut
5) Tunggu proses edit data berjalan di sistem dan bila berhasil maka akan muncul notifikasi sukses berikut