Pada opsi ini admin dapat melakukan opsi view pada data customer yang ada. Dikarenakan data ini cukup kompleks dan terdiri dari beberapa opsi akan kami jelaskan pada beberapa bagian berikut ini.
A. VIEW PROFILE #
Mula – mula admin bisa melakukan view customer dengan melihat profile awal melalui beberapa langkah berikut.
1) Pilih salah satu data yang ada di tabel customer lalu klik tombol VIEW
2) Jika tombol diklik akan muncul tampilan awal dari data customer dengan detail sebagai berikut
3) Dari tampilan terdapat detail berupa tab jenis view (a) berisi data profile, contact, notes, invoice, invoice exchanges, saes receipt, project, task, tickets, files, dan reminders.
4) Selain itu di tampilan awal terdapat view profile (b) yang terdiri dari menu customer detail, billing & shipping, sales, tax, dan customer admins. Pada tampilan di atas terdapat tab profile yang berisi data profile customer secara lengkap
5) Adapun pada tab lain profile terdapat tab billing & shipping berisi data alamat billing dan shipping berikut
6) Pada tampilan lain terdapat tab sales dan taxes yang berisi detail data sales dan taxes.
Ket : tab sales
Ket : tab taxes
7) Pada tab terakhir terdapat data customer admins dimana terdapat admin dari akun customer yang ada. Lihat gambar berikut dimana terdapat tampilan tombol assign admin (a) dan tabel admin (b)
B. VIEW CONTACT & NOTES #
Pada view jenis ini data contact dan notes dapat dilihat oleh admin dengan mudah. Untuk caranya sendiri dapat dilihat pada poin berikut.
1) Untuk view contact pengguna dapat pilih tab contact pada tampilan view contact atau klik link contact pada salah satu data kontak pada tabel
Ket : contact dari link opsi data
Ket : view contacts dari laman view data
2) Setelah tombol diklik akan muncul laman contact berikut dimana terdapat detail berupa tombol tambah data contact (a), opsi tabel berupa jumlah row, export (b), dan tabel data contact (c)
3) Adapun untuk melihat notes admin dapat klik view notes pada laman view lalu akan muncul tampilan berikut
Ket : view note
4) Pada tampilan di atas terdapat tombol new note (a), tabel note (b), dan opsi berupa edit dan delete data (c). Untuk penjelasan mengenai opsi ini tidak dijelaskan pada tutorial.
C. VIEW INVOICES & SALES #
Pada opsi ini admin dapat lihat data invoices dari customer yang sudah tercatat di sistem dalam beberapa kategori. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.
Ket : dikarenakan invoices berhubungan dengan menu lain maka penjelasan mengenai opsi ini hanya pengantar saja
1) Pada awalnya admin dapat klik view invoices lalu akan muncul tampilan berikut ini
2) Dari tampilan di atas terdapat tampilan berupa tombol create invocies (a) dan tabel data invoices (b) dengan kolom code, customer, date, due date, total, status, dan approve status.
3) Pada view lain terdapat invoices exchanges dimana admin dapat membuka menu lalu akan muncul laman berikut
4) Dari tampilan di atas terdapat tampilan berupa tombol create new invoices (a) dan tabel data invoices exchange dengan kolom code, customer, invoice exchange date, dan approve status.
5) Pada view yang terakhir terdapat sales receipt dimana ketika admin klik tombol tersebut akan tampil laman berikut
6) Pada tampilan sales receipt terdapat detail berupa opsi data (a) dan tabel sales receipt dengan kolom transaction code, receipt code, customer name, invoice date, total receipt, dan total receipt discount
D. VIEW PROJCETS, TASK, TICKETS #
Pada opsi ini admin dapat lihat data project, task, dan tickets yang sudah tercatat di sistem dan berkaitan dengan customer. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.
Ket : dikarenakan data ini memiliki operasi kelola dengan menu lain maka penjelasan mengenai opsi ini hanya pengantar saja
1) Pada mulanya admin dapat klik view Projects lalu akan muncul tampilan berikut ini
2) Dari tampilan di atas terdapat tampilan berupa tombol new project (a) summary daa project (b). Selain itu terdapat tabel data projects (c) yang terdiri dari kolom name, tags, start data, deadline, members, dan project status.
3) Pada view lain terdapat Tasks dimana admin dapat membuka menu lalu akan muncul laman berikut
4) Dari tampilan di atas terdapat tampilan berupa tombol create new tasks (a) dan opsi view data berdasar relasi (b). Selain itu ada tabel data (c) dengan kolom name, status, start date, due date, assigned to, tags, dan priority.
5) Adapun ketika pengguna klik data task akan muncul view berikut dimana terdapat data task secara detail beserta opsinya
6) Pada tampilan terakhir terdapat tickets dimana ketika admin klik menu maka akan muncul laman berikut ini.
7) Dari tampilan di atas terdapat tampilan berupa tombol create new tickets (a) opsi data row, export (b), serta tabel data ticket (c) dengan kolom subject, tags, department, service, contact,s tatus, priority, last reply, dan created date
8) Adapun ketika pengguna klik data ticket akan muncul laman ticket berikut beserta detail data dan opsi
E. VIEW FILES & REMINDERS #
Pada opsi admin dapat view data files dan reminders dari customer yang sudah masuk ke sistem. Untuk penjelasan mengenai opsi ini lihat poin – poin berikut.
Ket : dikarenakan opsi ini berhubungan dengan menu lain maka penjelasan mengenai opsi ini hanya pengantar saja
1) Pada awalnya admin dapat klik view Files lalu akan muncul tampilan berikut ini
2) Dari tampilan di atas terdapat tampilan berupa detail file yang masuk ke dalam tabel data. Tabel data berisi kolom file, show to customers area, data uploaded, dan options
3) Pada view lain admin dapat klik menu reminders dimana ketika buka menu tersebut akan tampil laman berikut ini
4) Dari tampilan di atas terdapat tampilan berupa tombol create new reminders (a), tombol opsi row dan export (b) tabel reminders dengan kolom description, dae, remind, dan is notified (c).