Pada menu ini admin dapat mengelola job description yang berkaitan dengan data staff nantinya. Dalam menu in terdapat data dan opsi yang terbagi ke dalam beberapa bagian dan admin dapat kelola sesuai ketentuan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.
A. TAMPILAN MENU JOB DESCRIPTION & GROUPS #
Pengguna dapat membuka menu dengan klik job description lalu akan muncul laman berikut ini.
⇓⇓⇓
Detail tampilan menu job description :
- Tombol Opsi, merupakan tombol yang mengelola data job description seperti new job position, opsi groups, dan import excel
- Opsi Tabel & Tombol Ekspor, berupa tombol untuk memfilter data berdasarkan jumlah row tabel, tombol untuk ekspor data dan bulk actions
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom job code, name, job description, department name, dan job group. Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, dan delete ketika data dipilih oleh pengguna yang muncul secara otomatis
Pada menu ini juga terdapat menu tambahan berupa job groups yang berisi data job groups dari job description.
Untuk membuka menu job description admin dapat klik tombol group dan pilih group management setelah itu akan muncul menu berikut.
⇓⇓⇓
Adapun untuk detail dari menu group position/management adalah tombol opsi tambah data (a), tombol opsi tabel berupa export dan bulk action (b), serta tabel data group position (c).
Pada menu ini ada beberapa opsi yang bisa dilakukan oleh admin antara lain sebagai berikut.
B. ADD & IMPORT JOB DESCRIPTION #
Admin dapat lakukan tambah data job description dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini.
1) Mula – mula admin dapat klik tombol new job position untuk munculkan form
2) Ketika tombol diklik akan muncul form untuk mengisi data job position dan admin dapat isi data mulai dari nama job, code, job groups (Required), department, tag dan job description.
3) Untuk job group admin dapat pilih pilihan yang tersedia dan jika belum ada dapat ditambahkan terlebih dahulu pada menu groups (Akan dibahas di panduan berikutnya)
4) Pada tahap akhir isikan attachment bila perlu dengan upload file namun bila seluruh data sudah tepat klik save untuk memproses data baru.
5) Tunggu proses berjalan dan bila berhasil maka akan muncul data baru dalam laman view berikut
6) Selain add manual adminn juga bisa import data job position klik import excel
7) Jika items sudah diklik akan muncul laman import berisi panduan import dan form untuk import data. Admin dapat pilih file yang sudah disiapkan dengan klik choose
8) Pada file yang sudah disiapkan pastikan data sudah sesuai format seperti contoh gambar berikut
9) Jika data sudah tepat klik import lalu tunggu proses berjalan hingga data baru sukses diimport ke sistem
C. EDIT & DELETE JOB DESCRIPTION #
Pengguna juga dapat edit data job description bila perlu dirubah serta lakukan delete data jika sudah tidak tepat. Adapun untuk caranya dapat dilihat pada poin berikut.
1) Pada tabel data job descripton pilih salah satu data lalu klik edit.
2) Jika tombol diklik akan muncul form edit data job description lalu admin dapat langsung ubah data misalnya mengubah name, job group, dan lainnya
3) Jika seluruh data sudah tepat klik tombol save untuk lanjutkan proses edit data. Bila proses berhasil maka data akan berubah dan muncul notifikasi berikut
4) Sedangkan utnuk opsi delete data admin dapat pilih salah satu data di tabel untuk dihapus klik link delete
5) Setelah link diklik akan tampil form konfirmasi untuk hapus data dan admin dapat Klik OK untuk lanjutkan proses data
6) Tunggu proses edit berjalan di sistem dan bila berhasil maka akan muncul notifikasi sukses berikut
D. OPSI NEW POSITION GROUP #
Selain menu utama pada menu group admin dapat tambahkan data group position untuk keperluan tambah data job description. Untuk caranya dapat ikuti langkah berikut ini.
1) Admin dapat klik tombol New group pada tombol groups untuk tambahkan data baru
2) Setelah tombol diklik akan muncul form tambah group dan admin dapatisi data berupa nama grup dan description. Lihat gambar berikut
3) Jika seluruh data sudah tepat klik save untuk menyimpan data baru. Jika proses berhasil maka akan muncul notifikasi sukses dan data akan masuk ke tabel
E. EDIT & DELETE JOB GROUP #
Pengguna juga dapat edit dan hapus data group position bila diperlukan. Untuk caranya sendiri cukup mudah yakni sebagai berikut
1) Untuk opsi edit data pilih salah satu data pada tabel lalu klik edit.
2) Jika tombol diklik akan muncul form edit data job group lalu admin dapat langsung ubah data tersebut. Lihat gambar di bawha ini
3) Jika seluruh data sudah tepat klik tombol save untuk lanjutkan proses edit data. Bila proses berhasil maka data grup akan berubah pada tabel data group
4) Sedangkan untuk opsi delete data group admin dapat pilih salah satu data lalu klik link delete
5) Jika link diklik akan tampil form konfirmasi untuk hapus data dan admin dapat Klik OK untuk lanjutkan proses data
6) Tunggu proses edit berjalan di sistem dan bila berhasil maka akan muncul notifikasi sukses berikut
F. EKSPOR DATA & BULK ACTIONS #
Pada menu ini terdapat opsi berupa ekspor data dan bulk action yang dapat digunakan untukkelola data secara lanjutan. Untuk melakukan hal ini admin dapat ikuti langkah berikut
1) Untuk ekspor data formula pada laman menu klik tombol export lalu akan muncul tampilan jenis ekspor data berikut
2) Pilih salah satu jenis file yang akan diekspor (Excel, csv, PDF, Print) lalu tunggu proses ekspor berjalan hingga berhasil diekspor seperti contoh berikut adalah file berupa excel
3) Sedangkan pada opsi lainnya yakni bulk actions berfungsi untuk melakukan kelola data secara sekaligus. Caranya sendir admin dapat klik beberapa data untuk dikelola lalu klik bulk actions. Lihat gambar di bawah ini
4) Setelah tombol bulk diklik akan muncul konfirmasi opsi apa yang dapat dilakukan pada bulk action. Pilih opsi tersebut lalu klik confirm dan tunggu prosesnya sampai data berubah di sistem.
5) Contoh di bawah ini adalah bulk action dengan opsi mass delete yang dapat digunakan untuk menghapus semua data di tabel