Menu ini dapat digunakan untuk pengelolaan data sales invoice yang diajukan ke customer. Pada menu setiap invoice pembayaran bisa dibuat untuk proses pembayaran selanjutnya sehingga menginformasikan kepada customer perihal hal tersebut.
Untuk menjalankan menu dan beberapa opsinya bisa dilihat pada poin berikut.
A. TAMPILAN MENU SALES INVOICE #
Untuk mengakses menu pada daftar menu klik menu Sales Invoice lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu sales invoice di atas adalah sebagai berikut :
- Tombol Tambah Data, merupakan tombol yang berfungsi untuk tambah data invoice baru ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data sales invoice berdasarkan status. Data tersebut terdiri atas approved, waiting approval, rejected, dan draft
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, customer, date, due date, total, status pembayaran (Sudah dibayar atau tidak), dan status data (Draft, approved). Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna. Link muncul secara otomatis
Pada menu terdapat beberapa opsi yang bisa dilakukan oleh pengguna antara lain sebagai berikut.
B. TAMBAH DATA SALES INVOICE #
Pengguna bisa melakukan tambah data baru ke sistem dengan beberapa langkah berikut.
1) Pada bagian atas tabel data delivery order klik tombol Add Sales Invoice
2) Jika tombol diklik form tambah data akan muncul dan pengguna bisa langsung tambahkan data. Isikan data bersifat wajib misalnya pilihan client, sales invoice date, due date. Isikan juga data pendukung lain seperti delivery, fob, branch, department, project dan notes
3) Setelah data invoice awal diisi isikan juga data lain mulai dari items. Pilihlah data items yang ada lalu akan muncul form untuk memilih items. Selanjutnya items dipilih klik add items lalu data items akan muncul pada list items. Lihat gambar berikut ini.
4) Pada bagian lain isikan juga data Sales DP dan Expenses bila perlu. Data sales DP jika diisi maka akan membuat status pembayaran telah dibayarkan sebagian. Pilihlah data Sales DP lalu data tersebut akan masuk ke dalam list DP
5) Jika semua data sudah diisi lanjut klik save untuk simpan data atau save as draft untuk menyimpan ke dalam draft.
6) Tunggu proses berjalan di sistem dan jika berhasil maka data akan masuk ke sistem dan muncul notifikasi sukses berikut ini.
C. VIEW DATA & OPSI #
Pengguna bisa melakukan view data sales invoice secara detail dan ada opsi yang bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya simak beberapa poin berikut ini.
1) Pilih salah satu data pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail sales invoice yang sudah diinput sebelumnya. Data juga terdiri dari beberapa tab mulai dari sales invoice, items, dan expenses.
3) Pada tampilan laman juga terdapat beberapa tombol opsi data yang tersedia mulai dari Send Message, Send email, dan print pdf. Setiap tombol bisa digunakan sebagai opsi di menu.
4) Untuk contoh di bawah ini merupakan Print PDF yang bisa dilakukan dengan klik Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
5) Setelah tombol diklik akan muncul form untuk memilih pihak yang menyetujui dokumen PDF. Pilih pihak yang berlaku sesuai ketentuan lalu klik Print PDF untuk lanjutkan proses tersebut. Jika proses ekspor berhasil maka data sales invoice akan muncul seperti gambar berikut
D.EDIT DATA SALES INVOICE #
Di menu ini data sales invoice juga dapat diubah sesuai keperluan. Untuk cara melakukan opsi ini dapat dilihat pada poin berikut ini.
1) Pada tabel data sales invoice pilih salah satu data untuk diedit lalu klik edit.
2) Setelah tombol akan muncul form edit sales invoice dengan tampilan serupa dengan tambah data. Pengguna dapat edit data sesuai keperluan misalnya edit payment terms, client, delivery order, dan lainnya.
3) Ubah juga data items atau sales bila perlu pilih atau hapus data yang sudah ada. Lihat gambar berikut ini.
4) Jika seluruh data sudah tepat klik Save untuk memproses edit data. Jika proses berhasil maka data akan berubah di sistem
E. HAPUS DATA SALES INVOICE #
Pengguna juga bisa menghapus data sales invoice sesuai ketentuan dengan mudah. Untuk caranya sama seperti lainnya ialah sebagai berikut.
1) Pada tabel data pilih salah satu data lalu klik link Delete dari link opsi data yang otomatis muncul
2) Setelah tombol hapus diklik akan muncul konfirmasi untuk menghapus data. Klik OK untuk konfirmasi hapus data
3) Tunggu proses hapus data berjalan di sistem dan jika sukses akan muncul notifikasi sukses hapus data sales invoice