Pada bab ini merupakan kelanjutan dari bab sebelumnya yang menjelaskan settings. Pada bagian ini akan dijelaskan beberapa settings utama dari modul recruitment. Untuk penjelasan lengkapnya bisa dilihat pada pembahasan di bawah ini.
A. SKILLS #
Pengaturan ini mengatur data – data skills yang diperlukan dalam proses rekrutment di modul. Admin dapat mengelola ini sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan perusahaan. Berikut adalah tampilan awal laman pengaturan skills.
Dari tampilan di atas terdapat detail yakni tombol new (a) filter row dan ekspor (b) serta tabel data onboarding (c). Selain itu terdapat tombol edit dan delete data (d) di masing – masing kolom. Untuk opsi yang bisa dilakukan silahkan simak poin berikut ini.
a. New Skill
Admin dapat menambah data skills yang baru ke tabel pengaturan melalui beebrapa langkah berikut.
1) Pada laman klik tombol new skills untuk membuka form tambah data
2) Pada form yang muncul admin dapat langsung input data skills berupa nama skills sesuai ketentuan. Selanjutnya klik save untuk menyimpan data skills
3) Tunggu proses input data berjalan di dan jika berhasil maka data skills akan muncul di tabel data berikut ini.
b. Edit dan Delete Skills
Admin juga dapat juga bisa melakukan opsi edit dan delete data skills yang sudah ada bila diperlukan. Adapun untuk carnaya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya yakni sebagai berikut.
1) Untuk opsi edit data admin dapat pilih salah satu data lalu klik tombol edit.
2) Jika tombol diklik akan tampil form edit data dan admin dapat edit data skills yang ada. Setelah itu klik save untuk memproses edit data
3. Tunggu proses edit data dillakukan sistem dan bila sukses akan muncul notifikasi sukses berikut ini disertai data yang baru pada tabel
4. Sedangkan untuk opsi delete admin dapat pilih data di tabel dan klik tombol delete
5. Setelah tombol diklik akan tampil form konfirmasi lalu admin dapat klik OK. Jika proses delete data berhasil maka data tersebut akan terhapus di sistem
Ket : form konfirmasi
Ket : notifikasi sukses
B. COMPANY LIST #
Pengaturan ini mengatur data company list yang menjadi pihak yang melakukan rekrutmen. Admin dapat mengelola data dengan beberapa opsi dan berikut adalah tampilan awal dari menu tersebut.
Pada tampilan awal terdapat detail tombol new company (a), filter row dan tombol export (b), tabel data company (c), serta tombol untuk edit dan delete data (d).
Sedangkan untuk opsi yang bisa dilakukan bisa lihat pada poin – poin berikut ini.
a. New Company List
Admin dapat melakukan tambah company list yang baru ke tabel data melalui beberapa langkah di bawah ini.
1) Klik tombol new company pada pada bagian atas laman agar membuka tambah data
2) Pada form new company yang muncul admin dapat langsung input data company berupa nama, address, industry, dan images. Lihat gambar berikut ini.
3) Jika seluruh data sudah tepat klik save untuk menyimpan data company list
4) Tunggu proses input data berjalan di sistem dan bila sukses maka akan muncul data baru disertai notifikasi sukses seperti pada gambar berikut
b. Edit dan Delete Company List
Melalui opsi ini admin dapat melakukan edit data dan delete company list yang sudah ada di tabel. Untuk menjalankan opsi ini ikuti langkah berikut.
1) Lakukan opsi edit data dengan pilih salah satu data lalu klik tombol edit.
2) Jika tombol diklik akan tampil form edit data dan admin dapat langsung edit data pada form
3) Pastikan semua data sudah tepat dan lanjutkan prosesnya dengan klik tombol save pada form
5. Tunggu proses edit berjalan dan bila sukses muncul notifikasi dan data berubah pada tabel
6) Sedangkan untuk delete data company list admin dapat pilih salah satu data lalu klik delete
7) Setelah tombol diklik akan muncul form konfirmasi lalu Klik OK untuk lanjut proses. Jika proses berhasil maka data akan terhapus dari sistem
C. INDUSTRY LIST #
Pada settings ini data jenis industri yang ada pada perusahaan dapat diatur sesuai ketentuan oleh admin. Data industry list berguna untuk menentukan company yang ada pada menu rekrutment nantinya. Untuk tampilan awal dari menu ini bisa dilihat pada gambar berikut.
Dari tampilan menu terdapat detail berupa tombol add industry (a), tombol filter dan export (b), tabel data industry (c), serta opsi untuk mengedit dan delete data (d). Dan untuk opsi yang bisa dilakukan pada menu pengaturan ini bisa dilihat pada poin selanjutnya.
a. New Industry
Admin dapat menambah data industry list yang baru ke pengaturan dengan mudah melalui langkah – langkah di bawah ini.
1) Pada laman company list lik tombol add untuk munculkan form tambah data
2) Setelah tombol diklik akan muncul form untuk tambah data tipe industry. Admin dapat isikan data setelah itu klik save untuk melanjutkan proses.
3) Tunggu proses tambah data industry berjalan dan jika berhasil maka data industry list yang baru akan masuk ke tabel sistem
b. Edit dan Delete Industry List
Melalui opsi ini data industry list yang sudah ada dapat diedit dan dihapus oleh admin. Adapun untuk caranya sendiri bisa dilihat pada penjelasan berikut.
1) Admin dapat edit data dengan pilih salah satu data di tabel lalu klik tombol edit.
2) Jika tombol diklik akan muncul form edit data industry list lalu admin dapat langsung edit data tersebut.
3) Bila data sudah tepat klik save untuk memproses edit data dan tunggu prosesnya hingga data berhasil berubah di sistem seperti pada gambar di bawah ini
4) Sedangkan untuk opsi delete data industry pilih salah satu data lalu klik delete
5) Jika tombol diklik akan muncul form konfirmasi dan admin klik OK untuk lanjut prosesnya. Setelah itu tunggu prose shapus data hingga data berhasil terhapus dari sistem
Ket : konfirmasi hapus data
Ket : notifikasi sukses hapus data
D. OTHER SETTINGS #
Pada settings ini terdapat pengaturan tambahan berupa laman opsi untuk centang recrutment plan berikut ini. Klik tombol other settings lalu akan muncul laman berikut.
Pada laman tersebut admin dapat klik centang show recrutment plan untuk mengaktifkan opsi tersebut. Admin juga dapat menonaktifkan centang bila dirasa recrutment plan tidak perlu ditampilkan.