Pada bab ini kami akan jelaskan mengenai modul payroll pada aplikasi ERP Appnow. Modul ini memiliki fungsi utnuk mengatur segala kegiatan pembayaran gaji karyawan di perusahaan. Adanya modul ini kegiatan pembayaran gaji termasuk di dalamnya remunerasi, absensi, dan data pendukung lainnya dapat dikelola secara cepat dan detail.
Pada modul ini terdapat daftar menu dan opsi di yang bisa dikelola admin agar kegiatan payroll berjalan baik. Adapun untuk daftar menu dari modul ini adalah sebagai berikut.
Penjelasan daftar menu di modul payroll di atas :
- Payroll, merupakan menu utama yang berjalan untuk legiatan pemayaran di perusahaan
- Remuneration, merupakan menu dengan fungsi untuk mendata gaji pegawai yang diterima sesuai dengan data absen dan kriteria lainnya
- Attendance, adalah menu yang mengelola mengenai absensi dari pegawai perusahaan. Absensi digunakan sebagai salah satu kriteria payroll
- Settings, adalah menu berisi pengaturan dari modul payroll secara lengkap
Adapun untuk bagian awal kami akan jelaskan mengenai bagaimana admin membuka menu payroll. Selengkapnya ikuti langkah berikut ini.
1) Untuk membuka menu klik menu payroll lalu untuk munculkan laman awal berikut
2) Setelah menu diklik akan tampil laman berikut ini
2) Dari tampilan di atas terdapat detail yakni :
- Tombol generate, untuk melakukan generate payroll dari satu periode pembayaran
- Tombol opsi, berupa opsi jumlah row yang tampil dan tombol export data ke beberapa jenis file
- Tabel, berisi tabel data payroll berupa kode, period, staff count, attendance status, dan action. Pada kolom juga terdapat tombol action proccess dan link untuk delete data
3) Pada mulanya admin dapat lakukan generate payroll lebih dahulu namun harus dengan syarat bahwa sudah ada data absen dan remunerasi yang sudah masuk ke modul sebelumnya. Tanpa adanya data absen dan remunerasi maka payroll tidak dapat dibuat.
4) Untuk lakukan payroll pilih periode payroll berupa bulan dan tahun setelah itu klik generate. Lihat gambar berikut
5) Jika tombol diklik maka akan tampil konfirmasi lalu admin dapat pilih tipe periode, bulan dan tahun setelah itu lanjut konfirmasi dengan klik generate
6) Setelah konfirmasi form dilakukan maka data payroll baru berhasil dibuat di tabel ditandai dengan notifikasi sukses berikut dan data muncul pada tabel
7) Untuk opsi selanjutnya mengenai payroll ini akan dibahas pada bab selanjutnya