Pada bagian ini pengguna lanjutkan proses penggunaan ERP dengan melakukan serangkaian kelola data terkait data manufaktur yakni items berupa maerial dan atur data gudang (Warehouse) untuk nanti digunakan pada menu Manufaktur. Untuk lebih lengkapnya simak poin berikut
A. MENAMBAH DATA ITEMS #
Mula – mula pengguna dapat membuka menu items lalu dapat menambah data items berupa material yang nanti digunakan untuk menu manufaktur. Adapun untuk buka menu items klik Items lalu akan muncul tampilan berikut.
Detail tampilan menu items :
- Tombol Add Items, merupakan tombol untuk menambah data items ke sistem
- Tab Data, merupakan tampilan tab yang mengelompokkan jenis data apakah approved, waiting, rejected, atau draft
- Tabel data, berisi data – data items yang ada di sistem. Tabel berisi kolom seperti image, item, type, category, warehouse, department, project, price dan status
Selain itu pada tabel terdapat link Opsi Data yang akan muncul jika data dipilih. Link akan muncul secara otomatis berupa view, add picture, edit, dan delete data serta log.
Adapun untuk opsi tambah data pengguna dapat melakukan serangkaian langkah di bawah ini.
1) Pada bagian atas menu klik menu ADD ITEMS
2) Setelah tombol diklik akan muncul form tambah data items. Pada form terdapat masing – masing tab input berupa Items, Pricing, Unit, dan GL Account. Lihat gambar berikut
3) Mula – mula pada tab items pengguna pilih data berupa item type karena wajib. Klik select pada opsi lalu akan tampil form sesuai gambar berikut. Pilih salah satu data item type lalu lanjut pilih data berupa services.
4) Pilih juga data lain yang akan diinput mulai dari nama, code, (Wajib) dan pilihan lain seperti item header, part type, dan category. Lihat gambar berikut
5) Pada bagian lain isikan juga data lain seperti select warehouse (Wajib), sales name, SKU, Department, Project, dan beberapa pilihan lain yang sifatnya opsional misalnya deskripsi, item length, item produced. Lihat gambar berikut
6) Khusus pada pilihan Is Material Product pilih Yes untuk menu manufaktur nantinya
7) Lakukan hal yang sama pada Pada tab Prices dengan klik tab dan isikan data price. Isi data mulai dari Default price (Wajib), level price dari 1 sampai 5, default discount, buy price, dan witholding tax.
8) Pada tab selanjutnya yaitu unit isikan data unit dari barang yang akan diinput. Isikan default unit, default conversion, level unit dan level conversion berikut.
9) Pada tab akhir yaitu GL Account pilih data akun yang ada mulai dari inventory account hingga unbilled goods account. Lihat gambar berikut ini.
10) Jika seluruh data telah sesuai klik tombol Save untuk memproses simpan data atau Save As Draft untuk menyimpannya ke dalam draft.
11) Jika proses berhasil maka muncul notifikasi sukses dan data baru tampil di tabel data sebagai berikut.
B. VIEW DATA & OPSI ITEMS #
Setelah tambah data pengguna juga dapat melakukan view dari data items yang sudah masuk ke sistem dan melakukan beberapa opsi. Selengkapnya lihat poin berikut ini.
1) Untuk lihat data pilih salah satu data pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail items berisi seluruh data yang sudah diinput. Dalam laman terdapat Tab Items, Price, Unit, Picture, GL account, dan Stock. Untuk tab items terdapat informasi data items secara detail sebagai berikut.
3) Pada bagian bawah laman terdapat tab opsional berisi beberapa tab yang berhubungan dengan task. Tab yang ada terdiri dari reminders, tasks, notes, discuss, attachment, dan journal. Untuk pembahasan opsi ini tidak kami jelaskan di modul ini.
4) Selanjutnya pada tab Pricing dan Unit masing – masing terdapat detail berupa pricing dan unit dari masing – masing item. Adapun pada tab lain terdapat picture, gl account, dan stock (Tidak dibahas di panduan ini).
Ket : detail tab pricing
Ket : detail tab unit
C. TAMBAH DATA WAREHOUSE #
Pada bagian ini kami jelaskan mengenai tahap selanjutnya dari kelola items yakni menambahkan data warehouse dimana berguna sebagai tempat items disimpan. Adanya data warehouse penting untuk digunakan dalam proses tambah items nanti atau proses di menu manufaktur. Untuk melakuan opsi ini ikuti penjelasan berikut.
Detail menu warehouse :
- Tombol Tambah Data, merupakan tombol yang berfungsi untuk tambah data warehouse baru ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data warehouse berdasarkan status. Tab status ini berupa approved, waiting approval, rejected, dan draft
- Tabel Data, berupa tabel data warehouse berisi kolom code, warehouse name, address, person in charge, order, display, note, dan status
Adapun untuk opsi penambahan data warehouse ke sistem dapat melalui langkah berikut.
1) Pada bagian atas tabel data klik tombol Add Warehouse lalu akan muncul laman tambah data berikut ini
2) Pada form tambah di atas isikan data mulai dari code, nama gudang, dan person in charge atau siapa penanggung jawab gudang. Isi juga data opsional seperti order, alamat, kota, dan state/provinsi dan country.
3) Isi juga data opsional lainnya yakni notes dan lainnya. Jika seluruh data telah lengkap klik save untuk lanjutkan simpan data warehouse.
4) Tunggu proses siman data berjalan dan jika berhasil maka data akan masuk ke sistem disetai notifikasi sukses berikut ini.
D. VIEW DATA WAREHOUSE #
Pengguna bisa lihat data warehouse yang sudah ada di sistem dan melakukan beberapa detail opsi di dalamnya. Untuk langkah – langkah yang bisa dijalankan ikuti poin berikut.
1) Pada tabel data pilih salah satu data dan klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Apabila tombol diklik muncul form detail warehouse yang berisi detail warehouse secara lengkap mulai dari nama, alamat, dan pihak penanggungjawab. Selain itu terdapat tab opsional di bawahnya yang berkaitan dengan task.