Pada bagian ini pengguna perlu mengatur data payroll staff yang sudah dibuat pada proses sebelumnya (Kelola admin) sehingga setiap pegawai dapat memiliki gaji sesuai dengan ketentuan berlaku. Selengkapnya simak ulasan berikut.
A. MENAMBAH DATA REMUNERATION #
Pada menu ini remunerasi harus diinput terlebih dahulu sehingga setiap pengguna dapat ditentukan gajinya oleh sistem dan sesuai dengan ketentuan / peraturan perusahaan. Adapun untuk awalnya pengguna perlu membuka menu remuneration setelah itu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu remuneration :
- Tombol Add, adalah tombol untuk menambah data remuneration baru ke tabel data
- Tab Data, berupa tab data yang mengelompokkan data remuneration berdasarkan statusnya (Approved, waiting, reject, draft)
- Filter Tabel & Tombol Opsi Tabel, berupa tombol untuk memfilter data berdasarkan jumlah row tabel dan tombol opsi tabel berupa export
- Tabel Data, berupa tabel remuneration dengan kolom code, effective date, staff name, dan approval status. Selain itu ada link opsi data yang muncul secara otomatis
Adapun untuk opsi tambah data terbagi daam dua bagian yakni sebagai berikut.
i. Add Remuneration Draft
1) Mula – mua Admin perlu menambah draft remuneration data terlebih dahulu dengan cara klik tombol New Remuneration pada laman awal
2) Ketika tombol diklik akan muncul laman tambah data remuneration berupa tab staff & remuneration. Isikan data staff terlebih dahulu untuk bisa menentukan remuneration
3) Isikan data berupa code, date, staff, staff status, job position, department, tax, dan PPH21 yang sifatnya required
4) Pada opsi select staff dan department klik select pada input form lalu akan munucl form pilihan sebagai berikut
Ket : select staff
Ket : select department
5) Pada tahap selanjutnya isikan data jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan data lainnya
6) Adapun bila semua sudah tepat klik save as draft untuk melanjutkan proses simpan data remuneration
7) Pada tahap akhir jika proses simpan data berhasil dilakukan akan muncul notifikasi sukses berikut ini dan admin dapat lanjut ke tahap selanjutnya
ii. Add Remuneration
Pada tahap ini setelah draft disimpan admin dapat menambahkan remuneration untuk membuat slip gaji pada karyawan yang ada. Lihat langkah berikut ini.
1) Setelah data tersimpan secara otomatis admin akan berada di laman edit remuneration. Dalam laman tersebut terdapat tabel data remuneration, form income, dan form deduction.
2) Admin hanya perlu klik tab remuneration lalu klik select pada form salary slip. Lihat gambar berikut
3) Ketika tombol diklik akan muncul form untuk memilih slip gaji yang diinginkan. Admin dapat pilih salah satu jenis salary slip dengan klik select
4) Jika salary slip telah dipilih klik tombol add untuk menambahkan ke tabel remuneration
5) Apabila tombol add telah diklik maka data akan masuk ke tabel remuneration sebagai berikut.
6) Pada tahap selanjutnya admin perlu menambahkan data gaji (Income) dan potongan gaji (Deduction) dengan cara inputkan data income sesuai slip. Slip gaji sudah ditentukan melalui pengaturan
7) Contoh berikut adalah admin input data gaji berupa basic salary dan thr. Admin perlu input data tersebut sesuai ketentuan setelah itu klik save.
Ket : form input income
Ket : notifikasi sukses input income
8) Pada form deduction lakukan hal sama dengan input data potongan sesuai slip gaji yang telah ditentukan. Jika data sudah tepat klik save dan tunggu prosesnya sampai muncul notifikasi sukses input data deduction
Ket : form input income
Ket : notifikasi sukses input deduction
9) Adapun pada tahap selanjutnya admin dapat melakukan simpan data remuneration seluruhnya dengan klik tombol save pada laman awal
10) Jika proses berhasil maka akan muncul notifikasi sukses simpan data remuneration sebagai berikut
B. VIEW DATA REMUNERATION #
Pada opsi selanjutnya pengguna dapat lihat detail data remunertaion melalui beberapa langkah berikut.
1) Pada tabel data payroll pilih salah data lalu Klik link view
2) Jika link diklik akan muncul form detail payroll berupa code, nama staff, dan date.
3) Pada bagian lain terdapat tab task yang berisi beberapa tab berkaitan dengan tas mulai dari reminders, task, note, discuss, attachment, dan journal.
4) Adapun untuk lebih detail mengenai payroll silahkan simak pembahasan yang ada di modul payroll
C. MELAKUKAN GENERATE PAYROLL #
Pada proses ini pengguna dapat melakukan payroll setelah menentukan remunerasi pada tahap selanjutnya. Untuk melakuan hal ini ada beberapa opsi yang perlu dilakukan antara lain sebagai berikut.
1) Untuk membuka menu klik menu payroll lalu untuk munculkan laman awal
2) Setelah menu diklik akan tampil laman berikut ini
3) Dari tampilan di atas terdapat detail yakni :
- Tombol generate, untuk melakukan generate payroll dari satu periode pembayaran
- Tombol opsi, berupa opsi jumlah row yang tampil dan tombol export data ke beberapa jenis file
- Tabel, berisi tabel data payroll berupa kode, period, staff count, attendance status, dan action. Pada kolom juga terdapat tombol action proccess dan link untuk delete data
4) Pada mulanya admin dapat lakukan generate payroll lebih dahulu namun harus dengan syarat bahwa sudah ada data absen dan remunerasi yang sudah masuk ke modul sebelumnya. Tanpa adanya data absen dan remunerasi maka payroll tidak dapat dibuat.
5) Untuk lakukan payroll pilih periode payroll berupa bulan dan tahun setelah itu klik generate. Lihat gambar berikut
6) Jika tombol diklik maka akan tampil konfirmasi lalu admin dapat pilih tipe periode, bulan dan tahun setelah itu lanjut konfirmasi dengan klik generate
7) Setelah konfirmasi form dilakukan maka data payroll baru berhasil dibuat di tabel ditandai dengan notifikasi sukses berikut dan data muncul pada tabel
8) Untuk opsi selanjutnya mengenai payroll ini akan dibahas pada bab selanjutnya
D. PROSES PAYROLL LANJUTAN #
Pada menu setelah dilakukan generate payroll pengguna dapat melakukan paroll lanjutan dengan cara klik tombol proccess pada salah satu data lalu akan muncul tampilan seperti berikut.
Detail tampilan menu proccess payroll :
- Tombol Opsi Menu, merupakan tombol opsi pada menu untuk kegiatan pembayaran payroll mulai dari reset staff, export PPH21, import salary, dan pay salary
- Opsi Tabel & Tombol Ekspor, berupa tombol untuk memfilter data berdasarkan jumlah row tabel, tombol untuk ekspor data ke file
- Tabel Data, berupa tabel payroll yang sudah dibentuk dari data remunerasi dan attendance (absen) sebelumnya. Data terdiri dari kolom staff, bank, attendance status, payment status, cofirmation, dan action. Selain itu ada link untuk delete data slip dari staff bila data diklik
- Tombol Opsi data, merupakan opsi yang bisa dilakukan kepada data staff yakni slip dan set ready
Untuk beberapa opsi yang bisa dijalankan pada menu ini dapat lihat pada panduan modul payroll yang sudah tersedia.
E. PROSES PAY SALARY #
Melalui opsi ini admin dapat langsung melakukan pembayaran salary secara langsung melalui beberapa poin berikut ini.
1) Pada menu lihat di pojok kanan laman lalu klik pay salary
2) Jika tombol diklik akan muncul laman detail berisi data gaji para staff secara umum misalnya jenis pendapatan dan jenis potongan. Pada bagian bawah terdapat form payment method untuk memproses gaji
3) Untuk memproses gaji pada payment method pilih tombol select untuk memilih metode pembayaran gaji. Jika tombol diklik maka akan tampil form pembayaran gaji dan admin dapat memilih salah satu methode
4) Jika metode telah dipilih langkah selanjutnya admin dapat klik pay untuk memproses pembayaran yang ada
5) Tunggu proses payment payroll berjalan dan bila berhasil maka data pembayaran akan berubah dan muncul notifikasi berikut
6) Sedangkan pada opsi lain terdapat tombol export payroll dimana admin dapat klik tombol export
7) Tunggu proses ekspor berjalan dan jika sukses maka data payroll berhasil terekspor dalam bentuk excel berikut