Pada bab ini kami akan jelaskan awal modul customer dimana modul ini mengatur seluruh kegiatan untuk kelola data customer. Perlu diketahui customer bisa jadi adalah orang / perusahaan yang bertransaksi dengan perusahaan dalam kegiatan bisnis.
Dengan adanya modul ini kegiatan transaksi bisa tercatat dengan baik termasuk di dalamnya jika ada invoice, project, task, dan lainnya. Adapun untuk penjelasan mengenai apa saja opsi di menu ini bisa disimak poin berikut.
A. TAMPILAN AWAL MENU CUSTOMERS #
Setelah pengguna membuka menu customer maka akan muncul tampilan awal berikut.
Dari menu di atas terdapat beberapa detail berikut :
- Tombol Opsi, berisi beberapa tombol opsi untuk kelola data customers, mulai dari new customer, import customer, dan contacts
- Summary, merupakan tampilan ringkasan jumlah customer yang ada dan tercatat di sistem
- Tombol Opsi Tabel, berisi beberapa tombol yang mengatur opsi tabel mulai dari filter data berdasar row, export, dan bulk actions serta refresh. Selain itu terdapat opsi untuk exclude inactive customer dimana data customer tidak aktif tidak akan ditampilkan
- Tabel data, berisi data – data leads yang terdiri atas kolom name, company, email, phone, lead value, tags, assigned, status, source, last contact, dan lainnya. Selain menu di atas terdapat link Opsi Data yang akan muncul jika data dipilih. Link akan muncul secara otomatis berupa link view, edit dan delete.
B. FILTER TAMPILAN MENU CUSTOMERS #
Pada menu ini juga terdapat beberapa filter data yang dapat dibuka oleh admin antara lain sebagai berikut.
1) Selain tampilan awal di atas terdapat opsi filter data secara langsung yang terdapat di atas menu. Untuk caranya klik tombol filter by lalu akan muncul opsi berikut.
⇓⇓⇓
2) Setelah pilihan terbuka piih salah satu pilihan filter data yang ada dan jika ada pilihan di bawahnya klik pilihan tersebut.
3) Adapun setelah pilihan filter diklik secara otomatis akan muncul hasil filter sebagai berikut.
C. OPSI AKTIFKAN DATA CUSTOMER #
Pada opsi ini data customer dapat diubah statusnya menjadi aktif atau tidak aktif dengan mudah. Untuk langkah langkah – langkahnya ikuti penjelasan berikut.
1) Pada tabel menu pilih salah satu data lalu klik tombol switch active/inactive pada kolom active
2) Setelah tombol diklik secara otomatis data customer akan berubah menjadi tidak aktif dan tidak masuk ke dalam tabel sistem. Pengguna dapat kembali aktifkan data customer dengan klik switch tersebut
D. OPSI CONTACT #
Pada opsi ini admin dapat langsung melihat data contact yang terhubung ke data customer. Admin dapat melakukan beberapa hal berikut ini.
1) Lihat pada menu utama lalu klik tombol contacts untuk tampilkan menu
2) Setelah tombol diklik secara otomatis akan muncul tampilan kontak berupa tabel berikut ini