Pada tahap ini proses kelola manufaktur di ERP berlanjut dengan pengguna melakukan beberapa kelola data di menu selanjutnya yakni taking material, proccess stages, dan finished good slip. Pada bagian ini akan kami jelaskan secara ringkas dan untuk detailnya bisa dilihat pada manual book manufacture.
A. TAMBAH DATA TAKING MATERIAL #
Mulanya pengguna perlu mengelola taking material sebagai lanjutan dari work order. Untuk itu buka menu taking material lalu akan tampil menu berikut
Detail tampilan menu taking material di atas adalah sebagai berikut :
- Tombol Add Taking Material, adalah tombol yang berguna untuk tambah data taking material baru ke sistem
- Tab Data, berupa tab yang mengelompokkan jenis data berdasarkan status. Data tersebut terdiri atas approved, waiting approval, rejected, dan draft
- Filter Data & Tombol Export, merupakan tombol yang berguna untuk melakukan filter data berdasarkan jumlah row dan tombol ekspor untuk mengekspor data dalam beberapa jenis file
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, work order, main product, date,notes, dan approval status. Selain itu ada link opsi yang muncul otomatis untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna.
Sama seperti menu sebelumnya adminbisa melakukan penambahan taking material baru ke sistem melalui beberapa langkah berikut ini.
1) Pastikan data work order sudah ada dan data material juga sudah tersedia. Data material merupakan data yang berasal dari inventory
2) Untuk tambah data klik tombol add Taking Material lalu akan muncul form tambah berikut
⇓⇓⇓
3) Pada form tambah data terdapat tab taking material dan material items. Mula – mula di tab taking material isikan data wajib berupa work order. Caranya klik select pada pilihan work order lalu akan tampil form berikut.
4) Setelah data yang wajib diisi pengguna dapat isi data lain berupa type, date, branch, department, dan note.
5) Pada tab lain yakni items input items dengan klik select lalu akan muncul pop up pilihan berikut.
⇓⇓⇓
6) Setelah data items material dipilih lanjutkan proses dengan klik add item lalu data items tersebut akan masuk ke dalam list berikut.
7) Jika seluruh data telah diisi klik tombol save atau save as drat untuk lanjutkan proses tambah data baru
8) Tunggu proses berjalan di sistem dan jika berhasil maka data akan masuk ke sistem sesuai statusnya disertai dengan notifikasi berikut
B. VIEW DATA & OPSI #
Pengguna bisa melakukan view data taking material beserta detail dan opsi melalui beberapa langkah berikut ini.
1) Pilih salah satu data di tabel taking material lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail taking material yang sudah diinput sebelumnya. Data terdiri dari tab taking material dan items dan berisi detail dari masing – masing.
3) Pada laman juga terdapat beberapa tombol opsi yakni Send Message, Send email, dan print pdf. Ada juga tab task yang berisi beberapa tab terkait task seperti reminders, task notes, dan lainnya
4) Pada tab items terdapat tabel data items yang telah diinput beserta opsi ekspor data tabel
5) Adapun pada tombol opsi pengguna bisa lakukan beberapa opsi namun untuk contoh berikut adalah Print PDF. Pengguna dapat klik Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
⇓⇓⇓
6) Lanjutkan proses print pdf dengan isi pihak yang menyetujui lalu klik Print PDF. Tunggu proses berjalan di sistem dan bila sukses maka akan muncul hasil ekspor seperti gambar berikut
C. TAMBAH DATA PROCCESS STAGES #
Pada opsi ini pengguna dapat melanjutkan dengan menambah proccess stages manufacture. Untuk itu buka menu Proccess Stages lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu proccess stages di atas :
- Tombol Add Proccess Stages, berupa tombol yang berfungsi untukmenambah data proccess stages yang baru ke Sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data berdasarkan status yang terdiri atas approved, waiting approval, rejected, dan draft. Pada tiap tab terdapat data tabel yang berbeda statusnya
- Filter & Opsi Ekspor, adalah tombol fitler data yang menampilkan berdasarkan jumlah row dan tombol opsi untuk mengekspor data ke beberapa file
- Tabel Data, berupa tabel data proccess stages dengan kolom code, work order, main product, date, notes, dan approval status. Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna
Pada menu ini juga lakukan tambah data proccess stages yang baru ke sistem melalui beberapa langkah berikut ini.
1) Pada bagian atas tabel data klik tombol Add Proccess Stages
⇓⇓⇓
2) Setelah tombol tambah data diklik akan muncul tambah data dan pengguna dapat isi data yang bersifat wajib (Required) seperti pilihan work order, type, date, work order stage, dan quantity.
3) Adapun khusus pada work order dan work order stage pengguna perlu klik select pada form input lalu akan tampil pop up berikut.
Ket : select work order
Ket : select stages
4) Setelah data tadi disii input juga data pendukung lain seperti branch, department, project dan notes. Jika seluruh data telah tepat klik save atau save as draft untuk lanjut proses tambah data
5) Tunggu proses tambah data berjalan di sistem dan bila sukses maka data akan masuk ke sistem dan muncul notifikasi sukses berikut ini.
D. VIEW DATA PROCCESS STAGES #
Pengguna bisa melakukan view data proccess stages yang sudah masuk ke sistem dan lakukan beberapa opsi lainnya. Simak penjelasan di bawah ini.
1) Pilih salah satu data di tabel lalu klik link view pada link opsi data
2) Setelah tombol diklik akan tampil laman detail proccess stages dengan detail data yang tersedia. Dalam laman terdapat pula tombol opsi sepeti send message, send email, dan print pdf.
3) Pada bagian bawah laman juga terdapat tab task dan reminders di bagian bawah laman (Tidak dijelaskan di panduan ini)
4) Untuk opsi tombol kami beri contoh bagaimana opsi Print PDF. Pengguna dapat klik tombol Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
⇓⇓⇓
5) Jika tombol diklik muncul jendela konfirmasi pilihan pihak yang menyetujui dalam ekspor PDF. Setelah konfirmasi lanjut klik Print PDF lalu tunggu prosesnya sampai data berhasil diekspor sebagai berikut
E. TAMBAH DATA FINISHED GOOD SLIP #
Pada tahap selanjutnya pengguna dapat tambahkan data finished good slip. Untuk awalnya buka menu dengan klik menu Finished Good Slip lalu akan muncul laman berikut.
Detail tampilan menu di atas adalah sebagai berikut :
- Tombol Add, merupakanm menu yang berfungsi untuk menambah data finsihed good slip baru ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data vendors berdasarkan status. Tab terdiri atas approved, waiting approval, rejected, dan draft
- Filter data & Tombol Export, merupakan tombol untuk filter data berdasarkan jumlah row dan tombol untuk ekspor data
- Tabel Data, berupa tabel data finished good slip berisi kolom code, work order, main product, date, notes, dan approval status. Selain itu ada link opsi untuk view, edit, delete, dan log yang otomatis muncul ketika data dipilih oleh pengguna.
Adapun Untuk melakukan tambah data finished good slip ke sistem melalui beberapa langkah berikut ini.
1) Pada bagian atas tabel data klik tombol Add Finished Good Slip untuk munculkan form tambah data
2) Setelah form tambah data muncul terdapat tab finished good dan items. Pengguna dapat isikan data pada tab awal dengan memilih data required berupa klik select pada work order.
3) Setelah tombol diklik akan muncul pop up pilih work order akan muncul. Lihat gambar berikut
⇓⇓⇓
4) Setelah data diisi pengguna juga perlu isi data lain seperti date, branch, department, project, dan notes.
5) Pada tab berikutnya yakni tab items isi data dengan klik select pada data items lalu akan muncul pop up pilih items berikut
⇓⇓⇓
7) Jika data sudah dipilih klik tombol add items lalu data items akan masuk list secara otomatis.
8) Pada tahap akhir jika seluruh telah diisi klik save untuk simpan data atau save as draft.
9) Tunggu proses simpan data berjalan dan jika berhasil maka akan muncul notifikasi sukses dan data baru muncul di tabel data berikut
F. VIEW DATA FINISHED GOOD SLIPS #
Pengguna dapat melakukan opsi view data finished good yang sudah masuk ke sistem dan lakukan beberapa opsi. Selengkapnya lihat poin – poin berikut.
1) Pada tabel data klik link view pada salah satu data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan tampil laman detail finished good slip berisi detail pada tab finished good slip danitems. Pada laman awal terdapat tampilan berikut dimana terdapat tampilan detail finished good, tombol opsi, dan tab task.
3) Pada tab lain yakni items terdapat detail items berisi tabel data items dan tombol opsi ekspor berikut ini
4) Adapun pada tombol opsi terdapat beberapa pilihan namun kami contohkan print PDF dimana pengguna dapat klik print PDF lalu muncul konfirmasi berikut ini
5) Setelah form konfirmasi print pdf diinput lanjutkan proses dengan klik print pdf lalu tunggu rpsoesnya sampai muncul hasil print pdf berikut ini