Menu items request memiliki fungsi untuk melakukan permintaan barang kepada pihak terkait yang nanti akan diproses di sistem. Dalam menu pengguna dapat melakukan beberapa hal terkait request items sesuai ketentuan yang semua sudah kami rangkum pada pembahasan berikut ini.
A. TAMPILAN MENU ITEMS REQUEST #
Untuk membuka menu ini pengguna dapat klik menu Items Request lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu di atas adalah :
- Tombol Add Request, merupakan tombol yang berfungsi untuk menambah data request item baru ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data items request berdasarkan status. Tab terdiri atas Approved, waiting approval, rejected, dan draft
- Tabel Data, berupa tabel data items request dengan kolom code, request date, request by, notes, dan status. Adapun setiap tabel yang membedakan hanya statusnya dan terdapat link opsi untuk view, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna.
Untuk opsi apa saja yang bisa dilakukan oleh pengguna di menu ini lihat pada selanjutnya.
B. ADD ITEMS REQUEST #
Pada opsi ini pengguna dapat melakukan tambah data items request yang baru ke sistem dengan mudah. Pengguna dapat ikuti langkah berikut untuk memahami proses tersebut.
1) Pada tabel data items request klik tombol Add Request setelah itu akan tampil laman berikut
2) Dari detail di atas isikan data wajib misalnya date dan select request by untuk menentukan pihak yang request data. Selain itu isikan data opsional seperti department, project, branch, dan notes
3) Pada bagian lain isi item yang akan direquest dengan klik tombol item lalu akan tampil pilihan item berikut ini.
4) Jika data item sudah dipilih lanjutkan proses dengan klik add item lalu secara otomatis data akan masuk ke tabel data
5) Jika seluruh data sudah teppat diisi klik save untuk lanjut proses items request. Jika proses berhasil maka data akanmasuk ke sistem disertai notif sukses berikut ini
C. VIEW DATA & OPSI #
Pada opsi ini data item request bisa dilihat detailnya dan ada beberapa opsi pada laman tersebut. Untuk langkah – langkah yang bisa dilakukan simak ulasan berikut.
1) Pilih salah satu data pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail items request yang terdiri dari tab request dan item. Selain itu ada beberapa tombo opsi berupa send message, send email print pdf, dan tab opsional di bawahnya
3) Pada tampilan tab items terdapat detail items yang sudah masuk ke sistem berikut
4) Adapun opsi data yang bisa dilakukan cukup beragam namun kami contohkan opsi Print PDF. Caranya cukup klik Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
5) Pada form konfirmasi pilih pihak yang berlaku sesuai ketentuan lalu klik Print PDF untuk lanjutkan prosesnya. Jika proses ekspor berhasil maka data item request akan muncul seperti gambar berikut
D. EDIT DATA ITEMS REQUEST #
Pada opsi ini pengguna juga dapat edit data items request melalui beberapa langkah mudah berikut ini.
1) Lihat dan pilih salah satu data items request di tabel data untuk diedit lalu klik edit dari link opsi yang muncul.
2) Setelah link diklik akan muncul form edit items request, pengguna dapat langsung edit data sesuai keperluan mulai dari Request by, department, date, dan data opsional lain. Lihat gambar berikut ini
3) Edit data items juga bila diperlukan dengan pilih dan add items atau remove items. ika seluruh data sudah tepat klik save lalu tunggu proses berjalan sampai muncul notifikasi sukses dan data berubah di sistem
E. HAPUS DATA ITEMS REQUEST #
Data items request dapat dihapus oleh pengguna jika sekiranya tidak diperlukan. Adapun untuk melakukan hal ini dapat ikuti penjelasan berikut.
1) Pilih salah satu data untuk dihapus di tabel lalu klik link Delete dari link opsi data
2) Setelah link delete diklik akan muncul konfirmasi untuk menghapus data. Klik OK untuk lanjutkan proses hapus data
3) Tunggu proses hapus data berjalan dan jika berhasil muncul notifikasi sukses dan data terhapus di sistem