Pada menu ini pengguna dapat mengelola data receipt bank yang berlaku dalam proses transaksi kedepannya. Pada menu ini ada beberapa opsi yang bisa dijalankan oleh admin dan sudah kami rangkum pada ulasan berikut.
A. TAMPILAN MENU RECEIPT #
Sama seperti sebelumnya admin dapat membuka menu dengan klik menu Receipt lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu receipt :
- Tombol Add Receipt, merupakan tombol yang berfungsi untuk tambah data received yang baru ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data purchase received berdasarkan status. Data tersebut terdiri atas approved, waiting approved, rejected, dan draft. Data yang muncul sesuai status pada tab tersebut
- Filter dan Tombol Ekspor, merupakan tombol filter data yang menampilkan data berdasarkan jumlah row dan tombol export untuk mengekspor data ke dalam beberapa jenis file
- Tabel Data, berupa tabel data receipt berisi kolom code, date, amount, notes, dan status. Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna yang muncul secara otomatis
Sama seperti menu lainnya untuk opsi apa saja yang bisa dilakukan oleh pengguna dapat dilihat pada penjelasan berikut.
B. ADD RECEIPT #
Pengguna bisa melakukan tambah data receipt baru melalui langkah – langkah berikut ini.
1) Pada bagian atas tabel dat areceipt klik tombol Add Receipt untuk tampilkan menu tambah data berikut
⇓⇓⇓
2) Jika tombol diklik akan muncul form tambah data berupa tab receipt dan items. Pada awalnya pengguna isi data receipt dengan klik select pada pilihan data bank, branch, project, dan lainnya.
3) Apabila pengguna klik select pada pilihan bank maka akan muncul pilihan berikut
4) Pilih data bank yang ada pada form lalu lanjutkan isi data dengan memilih dan mengisi data lain seperti branch, department, project, staff, dan notes.
5) Setelah tab receipt terisi lanjut isi data pada tab items dengan klik salah satu items lalu akan muncul form untuk select data.
⇓⇓⇓
6) Pilih data items sesuai ketentuan setelah itu lanjut klik add items sehingga data items muncul pada list items. Lihat gambar berikut ini.
7) Pada list items isikan data seperti notes dan amount receipt sesuai ketentuan. Pada tahap akhir klik tombol save untuk menyimpan data atau save as draft untuk menyimpannya dalam bentuk draft.
8) Tunggu proses berjalan dan jika berhasil maka data akan masuk ke sistem dan muncul notifikasi sukses berikut ini.
C. VIEW DATA & OPSI #
Pada opsi ini data receipt juga bisa dilihat detailnya dan pengguna dapat melakukan beberapa opsi pada data tersebut. Adapun untuk penjelsannya silahkan simak ulasan berikut ini.
i. View Data
Pengguna dapat melihat data receipt secara umum melalui beberapa langkah berikut
1) Pada tabel data pilih salah satu data klik link view pada link opsi data
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail data receipt dengan tampilan tab receipt dan items. Pada tab receipt terdapat detail data seperti code, bank, currency, dan lainnya.
3) Pada tampilan di atas juga terdapat tombol opsi seperti send message, send email, dan print pdf serta tombol back
4) Pada bagian bawah laman terdapat beberapa tab berkaitan dengan task seperti reminders, tasks, note, disscuss, attachment, dan journal.
5) Adapun pada tab Items terdapat detail data items yakni data bank dan jumlah saldo receipt. Pada tabel juga terdapat tombol ekspor untuk mengekspor data tabel.
ii. Opsi Tombol
Pada laman ini pengguna dapat gunakan opsi melalui beberapa tombol yakni Send Message, Send email, dan print pdf. Untuk contoh penggunaan tombol bisa disimak poin berikut.
1) Pengguna dapat coba tombol Print PDF dengan klik tombol tersebut maka akan muncul form konfirmasi persetujuan print PDF berikut
2) Pada form konfirmasi pilih pihak yang menyiapkan (Prepared) dan menyetujui (Approved). selanjutnya klik Print PDF untuk memproses print pdf sampai muncul hasil berikut ini.
iii. Export Data Tab Items
Pada tab items terdapat opsi untuk ekspor data ke dalam beberapa jenis file. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut.
1) Pada tab items klik tombol Export untuk munculkan form export data berikut
2) Pilih salah satu pilihan export yang ada (Excel, csv, pdf, print) lalu tunggu proses berjalan hingga file berhasil terekspor. Contoh berikut adalah ekspor data dalam bentuk file PDF
D. EDIT DATA RECEIPT #
Pengguna juga dapat edit data receipt yang sudah ada bila perlu dirubah. Untuk caranya sendiri sama seperti pada menu lain yakni sebagai berikut.
1) Pada tabel data pilih salah satu data untuk diedit lalu klik edit.
2) Jika tombol diklik akan muncul laman edit data received dengan tampilan sama dengan laman tambah data. Pengguna dapat Edit data sesuai keperluan mulai dari data receipt semisal bank, branch, dan lainnya
3) Ubah juga data pada tab items bila perlu dengan cara pilih atau hapus item. Lihat gambar berikut ini.
4)Adapun bila seluruh data yang diedit sudah tepat save untuk memproses edit data.
5) Tunggu proses berjalan hingga muncul notifikasi sukses dan data baru akan tampil di sistem
E. DELETE DATA RECEIPT #
Pengguna juga bisa lakukan delete data receipt jika dirasa perlu dihapus. Adapun caranya cukup mudah yakni dapat dilihat pada poin – poin berikut.
1) Pilih salah satu data di tabel lalu klik link Delete dari link opsi data yang muncul
2) Setelah link hapus diklik akan tampil form konfirmasi untuk menghapus data, lanjutkan proses dengan klik OK untuk konfirmasi
3) Tunggu proses hapus data berjalan di sistem dan jika berrhasil muncul notifikasi sukses dan data tersebut berhasil dihapus dari sistem
F. EXPORT DATA RECEIPT #
Pengguna dapat melakukan opsi ini untuk mengekspor data receipt ke dalam beberapa jenis file. Adapun untuk cara melakukan hal ini tidak jauh berbedadengan sebelumnya yakni sebagai berikut.
1) Pada tabel data klik tombol export lalu akan tampil pilihan ekspor file berikut
2) Ketika form terbuka pilih salah satu jenis ekspor file apakah excel, csv, pdf, atau print. Setelah jenis file diklik tunggu proses ekspor berjalan hingga file berhasil terekspor. Contoh berikut adalah file ekspor jenis csv