Pada menu ini pengguna dapat melakukan kelola data DP dari sales yang diajukan oleh customer. Data yang dikelola nantinya terhubung dengan menu lain seperti invoice. Ada beberapa opsi yang tersedia di menu ini. Simak ulasan berikut.
A. TAMPILAN MENU SALES DP #
Untuk membuka menu ini pada daftar menu sales klik menu Sales DP lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu sales DP:
- Tombol Tambah Data, merupakan tombol yang berfungsi untuk tambah data sales DP baru ke Sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data berdasarkan status. Tab data terdiri atas approved, waiting approval, rejected, dan draft. Pada tiap tab terdapat data dengan isi sama namun statusnya berbeda.
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, date, customer, amount (Jumlah dp), tax (Pajak), dan status. Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna
Pada menu ini juga ada beberapa opsi yang bisa dilakukan oleh pengguna antara lain sebagai berikut.
B. TAMBAH DATA SALES DP #
Pengguna bisa melakukan tambah sales dp yang baru ke sistem dengan mudah. Untuk caranya bisa ikuti langkah berikut ini.
1) Pada bagian atas tabel data klik tombol Add Down Payment
2) Setelah tombol tambah data diklik akan muncul form awal untuk tambah data sales DP. Pada form isikan data mulai dari client, date, dan amount yang sifatnya wajib.
3) Setelah data tadi disii input juga data pendukung lain seperti branch, department, project dan notes. Jika seluruh data telah tepat klik save atau save as draft untuk simpan data
4) Tunggu proses tambah data berjalan di sistem dan jika berhasil maka data akan masuk ke sistem dan muncul notifikasi sukses berikut ini.
C. VIEW DATA & OPSI #
Pengguna bisa melakukan view data secara detil dari sales DP serta lakukan opsi lain mengenai data ini. Selengkapnya simak poin berikut.
1) Pilih salah satu data pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail sales DP dengan detail dari data sebelumnya yang telah diinput. Dalam form juga terdapat tombol opsi sepeti send message, send email, dan print pdf.
3) Untuk tombol opsi kami contohkan opsi Print PDF yang bisa dilakukan. Caranya cukup mudah yakni klik Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
4) Setelah tombol diklik muncul jendela konfirmasi pilihan pihak yang menyetujui dalam ekspor PDF. Klik Print PDF untuk lanjutkan proses lalu tunggu prosesnya sampai data sales DP berhasil diekspor sebagai berikut
D. EDIT DATA SALES DP #
Sama seperti menu sebelumnya pengguna juga bisa edit data sales DP sesuai ketentuan. Untuk caranya sendiri cukup mudah yakni sebagai berikut.
1) Pada tabel data pengguna pilih salah satu data untuk diedit lalu klik edit.
2) Jika tombol diklik akan muncul form edit yang tampilannya saat tambah data. Pengguna edit data sesuai keperluan misalnya edit data tanggal atau amount pendukung lainnya.
3) Jika seluruh data sudah tepat klik save untuk memproses edit data. Jika proses berhasil maka data akan berubah di sistem
E. HAPUS DATA SALES DP #
Pengguna juga bisa menghapus data sales DP jika dirasa tidak sesuai. Adapun caranya cukup mudah ikuti langkah berikut
1) Pada tabel data pilih salah satu data lalu klik link Delete dari link opsi data
2) Setelah tombol hapus diklik akan muncul konfirmasi untuk menghapus data. Klik OK untuk konfirmasi hapus data
3) Tunggu proses hapus data berjalan di sistem dan apabila proses berhasil muncul notifikasi sukses hapus data dan data tersebut berhasil dihapus dari sistem