Pada bab ini kami akan jelaskan awal modul tasks dimana modul ini mengatur mengenai task atau tugas yang dijalankan oleh pihak – pihak yang ada di sistem. Dengan adanya task setiap pihak dapat diberikan tugas dan menjalankannya sesuai ketentuan yang berlaku.
Adanya task ini juga berkaitan dengan project yang menjadi bagian dari sistem ERP. Dalam modul ini terdapat beberapa opsi yang bisa dijalankan oleh admin / pihak pengelola yang ingin mengatur data tasks di sistems. Untuk lebih jelasnya kami sudah rangkum dalam poin – poin berikut ini.
A. TAMPILAN AWAL MENU TASKS #
Jika admin membuka menu tasks maka akan tampil laman awal berikut.
Dari menu di atas terdapat beberapa detail berikut :
- Tombol New & Kan ban, berupa tombol untuk meambah data baru dan switch to kan ban untuk merubah tampilan menjadi kan ban.
- Tombol Task Overview & Filter, berupa tombol untuk melihat task overview dan filter data tasks
- Summary, berisi data ringkasan dari tasks yang sudah tercatat di sistem berdasarkan kategori
- Tabel data, berisi data – data tasks yang terdiir dari kolom name, status, start date, due date, assigned to, tags, dan priority. Selain itu terdapat beberapa opsi pada tabel bila salah satu diklik dan tombol opsi lain seperti filter data berdasar row dan export data
Adapun untuk opsi – opsi yang ada di awal laman dapat dilihat pada poin selanjutnya
B. TASKS OVERVIEW & FILTER DATA #
Pada laman awal juga terdapat fitur task overview dan filter yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan laman. Adapun untuk caranya dapat dilihat pada poin berikut.
1) Untuk opsi tasks overview admin dapat klik tombol tasks overview
2) Jika tombol sudah diklik akan muncul tampilan awal berikut ini
3) Dari tampilan di atas terdapat detail overview berupa
- filter data dan,
- Tabel overview yang terdiri dari kolom name, date, status, total attachment, total comment, total checklist, total logged time, finished on time, dan assigned to
4) Adapun pada menu overview admin dapat lakukan filter dengan memilih filter yang ada seperti pilihan tanggal, assigned to, dan lainnya. Setelah itu klik tombol filter
5) Bila filter sudah dilakukan maka secara otomatis akan muncul data hasil filter berikut ini
6) Sedangkan untuk opsi filter laman utama admin dapat klik filter lalu akan muncul pilihan filter.
7) Admin juga dapat pilih filter data berdasarkan keinginan data mana yang akan ditampilkan apakah semuanya (all) atau beberapa jenis data saja seperti status. Lihat gambar berikut ini.
8) Bila filter sudah dipilih maka secara otomatis data pada laman utama akan berubah sesuai filter yang dipilih
C. TAMPILAN KAN BAN MENU TASKS #
Pada opsi ini tampilan data tasks juga dapat ditampilkan dalam bentuk kan ban yang menampilkan data secara lebih interaktif. Adapun untuk langkah – langkahnya ikuti penjelasan berikut.
1) Pada menu utama klik tombol switch to kan ban untuk menampilkan tampilan tersebut
2) Setelah tombol diklik akan muncul tampilan kan ban dari data tasks. Data tasks dikelompokkan dalam kan ban yang berbeda – beda dan data tasks sendiri memiliki detail sebagai berikut.
3) Admin dapat kembali laman awal bila perlu dengan klik switch to list untuk tampilkan menu dalam bentuk semula.
4) Pada kan ban admin juga dapat memindah data tasks secara langsung dengan cara drag & drop. Pilih salah satu data lalu pindahkan pada bagan lainnya
5) Jika proses pindah data berhasil maka secara otomatis data task akan berubah status sesuai dengan bagan yang dipilih