Pada bab ini kami akan jelaskan mengenai modul branch sebagai bagian dari aplikasi ERP Appnow. Menu branch mengatur data – data cabang perusahaan yang ada di perusahaan utama untuk dicatat di sistem. Adanya modul ini seluruh data cabang bisa dikelola oleh admin agar kegiatan perusahaan lebih mudah dan terintegrasi.
Dalam modul ini tersedia beberapa menu yang di dalamnya terdapat beberapa opsi yakni sebagai berikut.
Daftar Menu dari modul branch
- Branch, adalah menu yang mengelola data branch sebuah perusahaan
- Settings, berisi pengaturan dari modul branch yang ada di sistem
Adapun untuk awal bab ini kami akan jelaskan mengenai menu payment berikut ini.
A. TAMPILAN MENU BRANCH #
Untuk membuka tampilan awal menu branch admin dapat klik menu Branch setelah itu akan tampil menu berikut ini
Detail tampilan menu branch :
- Tombol Add branch, merupa tombol untuk menambah data branch baru ke sistem
- Tab Data & Tombol Opsi, merupakan tab yang mengelompokkan jenis data berdasarkan status mulai dari Approved, Waiting Approved, Rejected, dan Draft.
- Tombol filter data, merupakan tombol opsi untuk tabel data seperti filter jumlah row dan tombol export data ke beberapa jenis file
- Tabel data, berisi data branch berisi kolom code, name, address, notes, dan approval status. Dalam tabel terdapat link opsi data yang akan muncul otomatis ketika data terpilih yakni link view, edit, delete, dan logs
Sama seperti menu lainnya di menu ini ada beberapa opsi yang dapat dilakukan pada modul ini dimana sudah kami rangkum dalam penjelasan di bawah ini.
B. TAMBAH DATA BRANCH #
Pada opsi ini admin dapat lakukan tambah branch baru melalui beberapa langkah – langkah berikut ini.
1) Pada bagian atas tabel data klik Tombol Add Branch
2) Jika tombol diklik akan tampil laman tambah data berisi beberapa jenis input form. Admin dapat langsung isi data wajib berupa code dan nama branch, setelah itu isikan data lain seperti address, city, zip code, dan country. Lihat gambar berikut
3) Khusus pada input form select staff admin dapat klik tombol select lalu akan muncul form untuk memilih staff dan Pilih salah satu data staff yang ada
Ket : klik select staff
Ket : form pilih staff
4) Setelah data staff dipilih isikan juga data lain seperti notes namun bila semua data sudah tepat klik save atau save as draft untuk menyimpan data branch
5) Tunggu proses simpan data berjalan di sistem dan bila berhasil maka data baru akan muncul di tabel data berikut ini.
C. VIEW DATA BRANCH #
Pengguna bisa melakukan view data branch dengan beberapa detail yang ada melalui beberapa langkah berikut
1) Untuk view data pilih salah satu data branch pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul laman detail branch terdiri dari data branch (a) serta data tabel staff (b) yang mengisi branch tersebut. Lihat gambar berikut ini.
3) Pada bagian bawah laman terdapat beberapa tab berkaitan dengan task seperti reminders, tasks, note, disscuss, attachment, dan journal. Penjelasan dari tab ini tidak kami jelaskan pada dokumen ini.
D. EDIT DATA BRANCH #
Admin dapat lakukan opsi edit data branch yang sudah masuk ke sistem bila perlu perubahan. Adapun lakukan hal ini lakukan langkah berikut.
1) Pilih salah satu data untuk diedit pada tabel lalu klik link Edit dari link opsi data
2) Setelah tombol diklik akan muncul laman edit data yang tampilannya sama seperti tambah data. Pengguna dapat langsung edit data mulai dari data nama, alamat, atau data staff yang ada di dalamnya
3) Jika seluruh data edit telah tepat klik save untuk lanjut proses edit data. Apabila proses edit data berhasil maka akan muncul notifikasi sukses dan data akan berubah di tabel
E. DELETE DATA BRANCH #
Pengguna dapat melakukan delete data branch bila tidak berlaku lagi melalui langkah – langkah berikut.
1) Pilih salah satu data di tabel untuk dihapus, lalu klik link delete
2) Jika link diklik akan tampil konfirmasi untuk menghapus data dan admin klik OK
3) Tunggu proses hapus dilakukan sistem dan bila proses berhasil maka data tersebut akan terhapus dari sistem dan muncul notifikasi sukses berikut ini
F. EXPORT DATA BRANCH #
Pengguna dapat melakukan opsi ini untuk mengekspor data branch ke beberapa jenis file. Adapun untuk caranya sendiri ikuti langkah – langkah berikut.
1) Pada tabel data klik tombol export lalu akan tampil pilihan ekspor file berikut
2) Pilih salah satu jenis file untuk export apakah excel, csv, pdf, atau print. Setelah itu tunggu sistem mengekspor file tersebut hingga berhasil terbuka seperti contoh di bawah ini adalah hasil ekspor berupa file PDF