Pada bab ini kami akan jelaskan awal modul KPI dan menu awalnya yakni period. Pada dasarnya Modul ini merupakan modul yang mengatur mengenai KPI yang berkaitan dengan kinerja perusahaan. Pada modul pengguna dapat mengatur beberapa indikator terkait KPI sehingga dapat dicatat oleh perusahaan dan menjadi bahan informasi.
Adapun untuk daftar modul KPI sendiri adalah sebagai berikut.
Daftar Menu KPI:
- Period: merupakan menu yang mengelola data periode dari KPI yang dijalankan di perusahaan
- Objective, berisi menu yang mengelola tujuan dari KPI perusahaan secara umum
- KPI, merupakan menu inti yang mengatur bagaimana KPI dijalankan oleh perusahaan dan seluruh stakeholder-nya
- Target, adalah menu yang mengelola target dari KPI yang sudah berjalan di perusahaan beserta nilai dan skornya
- Setting : merupakan menu yang berisi pengaturan dari seluruh menu KPI
Adapun untuk penjelasan awal modul KPI yakni meenu Period silahkan simak ulasan berikut.
A. TAMPILAN MENU PERIOD #
Pengguna dapat membuka menu period dengan klik menu Period pada modul KPI lalu akan muncul tampilan berikut
Detail tampilan menu Period :
- Tombol Tambah Data, merupakan tombol untuk menambah data period.
- Filter Data & Tombol Ekspor : merupakan form untuk melakukan filter data berdasarkan jumlah row dan tombol untuk ekspor data
- Tabel data, berisi data – data period KPI berisi kolom Name, start dan end date, serta status apakah aktif atau tidak. Selain menu di atas terdapat link Opsi Data yang akan muncul jika data dipilih berupa edit, dan delete data. (Dijelaskan pada poin selanjutnya
Adapun untuk opsi yang bisa dilakukan di menu ini adalah sebagai berikut.
B. ADD PERIOD #
Admin bisa melakukan opsi tambah period KPI yang baru melalui beberapa langkah berikut ini :
1) Pada bagian atas menu period klik menu ADD PERIOD lalu akan muncul laman tambah data
2) Jika laman sudah munucl pengguna dapat langsung isikan data period mulai dari name, start date, end date, dan status. Selain itu isi keterangan bila perlu. Jika seluruh data sudah tepat lanjut proses dengan klik save
3) Tunggu proses berjalan di sistem dan apabila berhasil maka data period baru akan muncul di sistem dan muncul nofitikasi sukses berikut.
C. EDIT DATA PERIOD #
Pengguna dapat mengubah period yang sudah masuk ke sistem bila dirasa perlu dirubah. Adapun untuk caranya bisa simak langkah – langkah berikut :
1) Pilih salah satu data pada tabel data lalu klik link edit yang muncul ketika data dipilih. Lihat gambar berikut
2) Setelah tombol diklik akan muncul form edit data period dan pengguna bsia langsung edit data dengan edit nama, tanggal, atau data lainnya.
3) Jika seluruh data sudah tepat klik tombol save untuk lanjut proses edit. Tunggu proses berjalan dan bila sukses maka akan muncul notifikasi dan data akan berubah di tabel data
E. HAPUS DATA PERIOD #
Pada opsi ini user dapat hapus data period bila tidak diperlukan melalui beberapa langkah mudah berikut :
1) Pilih salah satu data untuk dihapus pada tabel lalu klik link delete pada daftar link opsi data
2) Setelah tombol hapus diklik akan muncul konfirmasi untuk menghapus data dan pengguna dapat klik Ya untuk melanjutkan proses hapus.
3) Tunggu proses berjalan di sistem dan bila berhasil maka data akan terhapus dari sistem
F. EKSPOR DATA PERIOD #
Pengguna juga dapat lakukan ekspor data period ke dalam beberapa jenis file melalui cara berikut ini.
1) Pada tabel data klik tombol ekspor lalu akan muncul daftar tipe file untuk diekspor berikut
2) Dari tombol muncul beberapa pilihan seperti excel, csv, PDF, dan print. Pilih salah satu jenis ekspor lalu ketika diklik maka sistem akan memproses ekspor data hingga menjadi file.
3) Contoh berikut adalah ketika ekspor data yang dipilih adalah file excel