Pada modul recruitment terdapat serangkaian pengaturan yang dapat dikelola admin agar modul recruitment bisa berjalan sesuai ketentuan. Terdapat beberapa jenis settings yang ada dan kami bagi dalam dua bagian agar mempermudah penjelasan.
Untuk awalnya admin dapat buka settings dengan klik menu settings sehingga muncul daftar berikut ini.
Dari menu settings terdapat beberapa daftar pengaturan yakni :
- Job Position, adalah pengaturan yang mengelola data job position yang dibutuhkan di modul
- Evaluation Criteria, adalah pengaturan yang mengatur tentang kriteria evaluasi pada proses pemeriksaan kandidat
- Evaluation Form, adalah pengaturan yang mengatur form evaluasi yang digunakan pada saat memproses kandidat
- Onboarding Proccess, merupakan pengaturan yang mengatur mengenai onboarding process di modul ini
- Skills, berupa settings yang mengatur daftar skills yang dibutuhkan perusahaan
- Company List, adalah pengaturan yang mengelola data perusahaan yang ada di modul
- Industry List, adalah pengaturan yang mengatur jenis industry yang ada di modul
- Other Settings, merupakan settings lain yang berkaitan dengan modul ini
Untuk penjelasan lengkap mengenai settings ini akan dijelaskan di poin selanjutnya.
A. JOB POSITION #
Pengaturan ini mengatur data job position yang ada di modul sesuai dengan kebutuhan rekrutmen persuahaan. Ada beberapa opsi yang bisa dilakukan pada pengaturan dan untuk tampilan awal pengaturan ini adalah sebagai berikut
Dari tampilan di atas terdapat detail berupa tombol new job position (a), filter dan tombol ekspor (b), tabel data job position, dan tombol edit dan delete (d). Untuk opsi yang bisa dilakukan silahkan simak poin berikut ini.
a. New Job Position
Melalui opsi ini admin dapat tambah data job position baru melalui beberapa langkah mudah berikut
1) Pada menu klik new job position untuk membuka laman
2) Jika tombol diklik akan tampil form tambah data dan admin isikan data berupa job position, skill, industry dan description. Jika seluruh data sudah tepat klik save untuk proses tambah data.
3) Setelah tombol save diklik tunggu proses tambah data berjalan dan jika berhasil maka data job position baru akan muncul di tabel pengaturan
b. Edit dan Delete Job Position
Pada opsi ini admin dapat edit data atau delete job position yang sudah ada di tabel data. Untuk lebih jelasnya silahkan simak poin – poin berikut.
1) Untuk edit data admin dapat pilih salah satu data di tabel lalu klik tombol edit.
2) Jika tombol diklik akan muncul form edit data dan admin bisa langsung edit mulai dari job position, skill, industry, dan description
3) Jika seluruh data sudah tepat klik save untuk lanjutkan edit data dan bila berhasil maka akan muncul notifikasi suskes dan data akan berubah di tabel berikut ini
4) Sedangkan untuk opsi delete pilih salah satu data di tabel lalu klik delete
5) Jika tombol diklik akan muncul form konfirmasi delete data dan admin dapat klik OK dan tunggu proses berjalan hingga data berhasil terhapus di sistem
B. EVALUATION CRITERIA #
Pada settings selanjutnya admin dapat mengelola evaluation criteria yang berkaitan dengan evaluation form di menu candidate profile. Admin dapat mengatur beberapa kriteria yang sesuai ketentuan perusahaan. Adapun untuk tampilan awalnya sendiri adalah sebagai berikut.
Dari tampilan di atas terdapat detail berupa tombol new evaluation criteria (a) filter & tombol ekspor (b), tabel datacriteria (c), serta tombol untuk edit dan delete (d).
Adapun untuk opsi yang bisa dilakukan silahkan simak poin berikut ini.
a. New Evaluatuion Criteria
Pada opsi ini admin dapat melakukan tambah data kriteria evaluasi yang baru ke tabel pengaturan. Ada beberapa al yang perlu dilakukan antara lain sebagai berikut
1) Pada menu klik tombol new evaluation criteria untuk tampilkan form tambah data
2) Setelah tombol diklik akan tampil form tambah data krieria dan admin bisa isikan data berupa criteria type, name, description, dan score.
3) Perlu diperhatikan bahwa criteria type terdapat dua jenis yakni grup dan criteria saja. Pada opsi grup criteria akan muncul form di atas namun untuk criteria saja maka form tambah data berbeda dimana criteria perlu memilih grup kriteria sebelumnya. Liaht gambar berikut
4) Adapun jika seluruh data sudah tepat klik save untuk proses simpan data. Dan bila sukses maka data kriteria baru akan muncul di tabel pengaturan berikut
b. Edit dan Delete Evaluation Criteria
Pada opsi ini data evaluation criteria dapat diedit atau dihapus bila diperlukan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.
1) Untuk opsi edit data admin pilih salah satu data untuk diedit lalu klik tombol edit.
2) Jika tombol diklik akan muncul form edit data dan admin dapat langusng edit data sesuai ketentuan yang ada misalnya type, name, dan score
3) Setelah data dirasa tepat klik save dan tunggu proses berjalan hingga data berhasil berubah di tabel
4) Sedangkan utnuk delete data admin dapat pilih data untuk dihapus lalu klik delete
5) Jika tombol diklik akan muncul form konfirmasi hapus data dan admin dapat klik OK untuk memprosesnya. Tunggu proses berjalan dan jika berhasil data akan terhapus dari sistem
Ket : form konfirmasi
Ket : notifikasi sukses hapus data
C. EVALUATION FORM #
Pada settings selanjutnya admin dapat mengelola evaluation form yang berisi form evaluasi untuk digunakan apda menu candidate profile. Form evaluasi harus ada agar proses seleksi kandidat bisa dilaksanakan dengan tepat. Adapun untuk menu ini memiliki tampilan sebagai berikut.
Dari tampilan di atas terdapat detail berupa tombol new evaluation form (a) filter & tombol ekspor (b) serta tabel data evaluation from (c). Selain itu terdapat juga tombol untuk edit dan delete (d) pada setiap data
Untuk opsi apa saja yang bisa dilakukan silahkan simak poin berikut ini.
a. Add Evaluation Form
Admin dapat menambahkan data aealuation form baru ke sistem melalui beberapa langkah di bawah ini.
1) Pada menu klik tombol new evaluation form untuk membuka form tambah data
2) Jika form diklik akan tampil evaluation form yang dapat diisi oleh admin. Isikan data mulai dari form name, job position, serta criteria yang sebelumnya sudah ada di menu evaluation criteria. Lihat gambar berikut
3) Khusus pada group criteria isikan data secara tepat mulai dari proportion dan evaluation kriteria yanga ada. Admin juga dapat tambahkan kriteria dengan klik tambah pada bagian kanan form
4) Bila seluruh data sudah tepat klik tombol save untuk memproses tambah data. Tunggu proses input berjalan di sistem dan bila berhasil maka data evaluation form baru akan tampil di tabel berikut ini
b. Edit dan Delete Evaluation Form
Pada opsi ini data evaluation form yang sudah masuk ke sistem dapat diedit atau hapus bila sekiranya perlu dilakukan. Untuk caranya sendiri cukup mudah yakni sebagai berikut.
1) Untuk lakukan edit data admin pilih salah satu data di tabel lalu klik tombol edit.
2) Jika tombol diklik akan tampil form edit evaluation form dan admin dapat langsung edit data mulai dari name, position, dan criteria.
3) Jika seluruh data sudah sesuai ketentuan klik save untuk lanjutkan proses. Tunggu proses edit berjalan di sistem dan bila sukses data akan berubah di tabel data disertai notifikasi sukses berikut
4) Sedangkan untuk opsi delete data admin dapat pilih salah satu data lalu klik delete
5) Jika tombol diklik akan muncul form konfirmasi lalu Klik OK untuk lanjut proses hingga data berhasil terhapus dari sistem
Ket : form konfirmasi
Ket : form konfirmasi
D. ON-BOARDING PROCCESS #
Pengaturan ini merupakan pengaturan yang mengontrol data on boarding proccess yang ada pada modul recruitment. Admin dapat mengelola ini untuk memberikan informasi onboarding proccess yang ada pada sistem sesuai ketentuan. Berikut ini adalah tampilan awal pengaturan tersebut.
Dari tampilan di atas terdapat detail berupa tombol add ceklis (a) filter row dan ekspor (b) serta tabel data onboarding (c). Selain itu terdapat tombol edit dan delete data (d) di masing – masing kolom. Adapun untuk opsi yang bisa dilakukan silahkan simak poin berikut ini.
a. Add Onboarding Proccess
Admin dapat menambah data onboarding proccess yang baru ke tabel data melalui beberapa langkah berikut ini.
1) Pada laman klik tombol new untuk membuka form tambah data
2) Setelah form diklik akan tampil form tambah data dan admin dapat isi data mulai dari order, send to, email to, subject, dan content
3) Pada form select send to terdapat pilihan apakah onboarding akan ditujukan kepada candidate, staff, atau department
4) Setelah seluruh data yang diinput sudah tepat lanjutkan proses dengan klik save pada form.
4) Tunggu proses simpan data berjalan di sistem dan bila sukses maka data baru akan muncul pada tabel data settings disertai notifikasi sukses berikut.
b. Edit dan Delete Onboarding Proccess
Selain tambah data admin juga bisa lakukan edit dan delete data onboarding proccess yang ada pada menu. Untuk melakukan opsi ini silahkan lihat penjelasan berikut.
1) Admin dapat edit data dengan memilih salah satu data lalu klik tombol edit.
2) Setelah tombol diklik akan tampil form edit data onboarding proccess dan admin dapat edit data mulai dari order, send to, email to, subject, dan content
3) Pada tahap akhir edit content dan attachment bila perlu namun bila semua sudah tepat klik save untuk memproses edit data tersebut
4) Tunggu proses edit data berjalan di sistem dan jika berhasil akan muncul notifikasi sukses dan data akan berubah di tabel
5) Adapun untuk opsi delete admin pilih salah satu data di tabel lalu klik tombol delete
6) Setelah tombol diklik akan tampil konfirmasi dan admin langsung klik OK untuk lanjutkan prosesnya. Jika proses delete data berhasil maka data tersebut akan terhapus di sistem