Berbeda dengan invoice pada purchase payment pengguna dapat mengelola data berkaitan dengan pembayara invoice yang sebelumnya sudah ada di menu purchase invoice. Pembayaran dilakukan kepada pihak terkait (Vendor) agar proses pembelian berakhir. Selengkapnya lihat poin berikut ini.
A. TAMPILAN MENU PURCHASE PAYMENT #
Untuk membuka menu ini pengguna dapat klik menu Purchase Payment lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu di atas adalah :
- Tombol Purchase Payment, merupakan tombol yang berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke laman
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data purchase payment berdasarkan kelompok dan status. Data tersebut terdiri atas Group by Invoice, Group by Sales DP, Group by Invoice Exchange, Approved, waiting approval, rejected, dan draft
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, vendor, date, due date, warehouse, total invoice, remaining amount, status, dan kolom action. Setiap tabel yang membedakan hanya statusnya. Selain itu terdapat link opsi untuk view data oleh pengguna.
- Tombol action/add payment, merupakan tombol untuk melakukan payment
Adapun opsi yang bisa dilakukan oleh pengguna di menu ini simak ulasan berikut ini.
B. ADD PAYMENT #
Pada opsi ini pengguna dapat langsung melakukan pembayaran dari invoice yang sudah ada di menu sebelumnya (Invoice atau DP). Pengguna harus melakuan beberapa langkah berikut agar proses pembayaran berhasil dilakukan.
1) Pada tabel data group by invoice atau by dp pilih salah satu data invoice yang belum dibayar lalu klik tombol Add Payment setelah itu akan tampil detail payment berikut
⇓⇓⇓
2) Dari detail di atas terdapat detail purchase invoice dari menu sebelumnya dan di bagian bawah terdapat form sales receipt.
3) Untuk tambah pembayaran pengguna dapat isi data wajib mulai dari pilih payment method, payment amount, date, dan withholding tax. Klik select pada masing – masing pilihan lalu akan tampil form pilihan berikut.
⇓⇓⇓
Ket : pilih payment method
4) Setelah data payment tersebut diisi isikan juga data lain mulai dari department, project, notes, dan branch. Jika seluruh data telah diisi klik save untuk memproses simpan data
5) Tunggu proses tambah data berhasil maka data invoice tersebut berubah statusnya menjadi Paid atau sudah dibayar
C. VIEW DATA & OPSI #
Pengguna bisa melakukan view data purchase payment dengan beberapa opsi yang bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak poin – poin berikut
1) Pilih salah satu data pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail purchase invoice dengan beberapa tombol opsi di bawahnya. Lihat gambar berikut
3) Pada tab payment bila data sudah dibayarkan maka akan muncul detail seperti ini
4) Bila pengguna ingin lihat detail invoice yang ada, klik link invoice yang ada lalu akan tampil detail purchase invoice berikut.
5) Pada tampilan detail invoice di atas terdapat detail payment secara lengkap mulai dari vendor, tanggal, dan total pembayaran. Dalam detail terdapat pula beberapa tombol opsi delete, send message, send email, print pdf, dan back
6) Pada opsi ini pengguna dapat print PDF deail payment dengan cara klik tombol Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
⇓⇓⇓
7) Setelah tombol diklik akan muncul form untuk memilih pihak yang menyetujui print PDF. Pilih pihak yang berlaku sesuai ketentuan lalu klik Print PDF untuk lanjutkan proses tersebut.
8) Jika proses ekspor berhasil maka data detail purchase payment akan muncul seperti gambar berikut
#
E. HAPUS DATA PURCHASE PAYMENT #
Di menu ini data payment yang ada dapat dihapus sehingga statusnya kembali menjadi belum dibayar. Opsi ini bisa dilakukan oleh pengguna dengan melihat langkah – langkah berikut.
1) Pastikan pengguna sudah masuk detail payment / detail purchase invoice. Lalu pada detail invoice klik Delete
2) Setelah tombol hapus tunggu prosesnya berjalan dan jika sukses maka status dari pembayaran akan berubah kembali menjadi unpaid sebagai berikut