Pada menu ini pengelolaan purchasing yang diterima dari proses sebelumnya (Purchasing Order) dapat dilakukan oleh pengguna dengan beberapa opsi yang ada. Adapun unutk penjelasan lengkapnya bisa dilihat pada ulasan berikut.
A. TAMPILAN MENU PURCHASE RECEIVED #
Sama seperti sebelumnya untuk membuka menu pengguna dapat klik menu Purchase Received lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu purchase received di atas :
- Tombol Tambah Data, merupakan tombol yang berfungsi untuk tambah data purchase received baru ke tabel
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data purchase received berdasarkan status. Data tersebut terdiri atas approved, waiting approved, rejected, dan draft
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, vendor name, currency, purchase received date, purchase order, warehouse, notes, dan status. Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna yang muncul secara otomatis
Sama seperti sebelumnya di menu ini ada beberapa opsi yang bisa dilakukan oleh pengguna antara lain sebagai berikut.
A. TAMBAH DATA PURCHASE RECEIVED #
Pengguna dapat tambah data purchase received baru melalui langkah berikut ini.
1) Pada bagian atas tabel data delivery order klik tombol Add Purchase Received
⇓⇓⇓
2) Setelah tombol tambah data diklik otomatis akan muncul form tambah data. Pengguna isikan data wajib berupa pilihan vendor dan date. Klik select pada pilihan vendor lalu akan muncul pilihan vendor berikut
3) Jika pilihan vendor dipilih pengguna dapat lanjut pilih data lain seperti purchase order, department, branch, project, notes. Lihat gambar berikut
4) Selanjutnya isi data pada tab items dengan klik salah satu items lalu akan muncul form untuk select data.
⇓⇓⇓
5) Setelah items dipilih klik add items lalu data items akan muncul pada list items. Lihat gambar berikut ini.
6) Isi juga data pada tab delivery dengan klik select pada pilihan delivery address, delivery, fob, dan delivery date. Jikatombol diklik akan tampil form untuk select data.
⇓⇓⇓
Ket : form select warehouse
Ket: Form select delivery
7) Setelah seluruh data delviery diklik lanjutkan proses akhir dengan klik save atau save to draft untuk simpan data purchase received yang baru.
8) Tunggu proses berjalan dan jika berhasil maka data akan masuk ke sistem dan muncul notifikasi sukses berikut ini.
C. VIEW DATA & OPSI #
Pengguna bisa melakukan view data purchase received secara detail serta terdapat opsi lain yang bisa dilakukan. Selengkapnya lihat poin berikut ini.
1) Pilih salah satu data pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail purchase received secara detail. Data ditampilkan dalam tab purchase received, items, dan delivery. Lihat gambar berikut ini
ket : Detail tab delivery order
Ket : detail tab items
Ket : detail tab items
3) Pada tampilan laman in terdapat beberapa tombol opsi yang tersedia mulai dari Send Message, Send email, dan Print pdf. Setiap tombol bisa digunakan sebagai opsi di menu.
4) Contoh di bawah ini adalah opsi Print PDF yang bisa dilakukan dengan klik Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
⇓⇓⇓
5) Setelah tombol diklik tampil konfirmasi persetujuan untuk print PDF. Terdapat pilihan Prepared by danApproved sebelum ekspor. Setelah pilihan dipilih lanjut klik Print PDF dan tunggu prosesnya sampai data tersebut berhasil diekspor. Lihat gambar berikut
D. EDIT DATA PURCHASE RECEIVED #
Pengguna juga dapat edit data purchase received bila perlu dirubah. Untuk caranya sendiri sama seperti pada menu lain yakni sebagai berikut.
1) Pada tabel data pilih salah satu data purchase received untuk diedit lalu klik edit.
2) Jika tombol diklik akan muncul laman edit purchase received yang memiliki tampilan sama saat tambah data. Edit data sesuai keperluan secara langsung mulai dari tab purchase received.
3) Ubah juga data items bila perlu dengan cara pilih atau hapus item. Lihat gambar berikut ini.
4) Ubah juga data pada tab delivery dengan pilih kembali data delivery bila perlu. Adapun bila edit data seluruhnya sudah tepat save untuk memproses edit data.
5) Tunggu proses berjalan hingga muncul notifikasi sukses dan data baru akan tampil di sistem
E. HAPUS DATA PURCHASE RECEIVED #
Pengguna juga bisa menghapus data purchase received jika dirasa tidak sesuai. Adapun caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut.
1) Pada tabel data pilih salah satu data lalu klik link Delete dari link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol hapus diklik akan muncul konfirmasi untuk menghapus data. Klik OK untuk konfirmasi hapus data
3) Tunggu proses hapus data berjalan di sistem dan apabila proses berhasil muncul notifikasi sukses hapus data dan data tersebut berhasil dihapus dari sistem