Pada menu ini pengguna dapat menambahkan klaim customer ke dalam sistem bila terjadi klaim atas barang yang telah ditransaksikan. Dalam menu ini terdapat beberapa opsi yang bisa dilakukan oleh pengguna dan semua kami rangkum dalam poin – poin berikut ini.
A. TAMPILAN MENU CUSTOMER CLAIM #
Awal mulanya pengguna perlu membuka menu dengan klik menu Customer Claim lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu di atas adalah sebagai berikut :
- Tombol Tambah Data, merupakan tombol yang berfungsi untuk tambah data customer claim ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data berdasarkan status. Data tersebut terdiri atas approved, waiting approval, rejected, dan draft
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, customer, type, customer claim date, dan status. Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna. Link tersebut muncul secara otomatis ketika data dipilih.
Pada menu ini terdapat beberapa berapa opsi yang bisa dilakukan oleh pengguna antara lain sebagai berikut.
B. TAMBAH DATA CUSTOMER CLAIM #
Pengguna bisa melakukan opsi tambah data customer claim ke sistem melalui langkah berikut.
1) Pada bagian atas tabel data klik tombol Add Customer Claim lalu muncul form tambah berikut
2) Pada form tambah data claim customer mula – mula isikan data claim berupa client, customer claim type dan customer claim date yang sifatnya wajib. Pilih data – data dengan klik select lalu ikuti prosesnya dalam form tambah data.
3) Setelah data yang wajib diisi pengguna dapat isi data lain mulai dari branch, project, delivery, department, dan note. Klik select pada pilihan lalu pilih data pada form.
4) Pada opsi lain isi data di tab items dengan klik tab lalu select items yang ada. Pengguna klik tombol add item dan data items akan masuk ke dalam list. Lihat gambar berikut ini.
5) Pada bagian akhir klik tombol save atau save to draft untuk lanjut proses simpan data. Dan jika proses berhasil maka data invoice exchange yang baru akan masuk ke sistem
C. VIEW DATA & OPSI #
Pengguna dapat melakukan opsi view data untuk melihat detail data customer claim dan di dalamnya terdapat beberapa opsi terkait dengan data tersebut. Untuk caranya sendiri tidak berbeda dengan sebelumnya yakni sebagai berikut.
1) Pilih salah satu data pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan tampil laman detail data customer claim secara lengkap yang dibagi dalam dua tab yakni customer claim dan items.
3) Pada laman ini juga terdapat beberapa tab opsional di bawah laman yang terdiri dari tab reminders, taxes, notes, discuss, attachment, journal (Tidak dibahas di panduan ini).
4) Ada juga tombol opsi Send Message, Send email, dan print pdf. Setiap tombol memiliki fungsi tersendiri berkaitan dengan data tersebut.
5) Bila pengguna ingin coba opsi Print PDF cukup klik tombol Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
6) Setelah tombol diklik akan muncul form untuk memilih pihak yang menyetujui print PDF (Prepared dan Approved by). Pilih pihak yang berlaku sesuai ketentuan lalu klik Print PDF untuk lanjutkan proses tersebut.
7) Jika proses ekspor berhasil maka data sales return akan muncul seperti gambar berikut
D. EDIT DATA CUSTOMER CLAIM #
Pada opsi ini data customer claim dapat diedit sesuai ketentuan oleh pengguna. Untuk melakukan opsi ini ikuti langkah – langkah berikut.
1) Pada tabel data customer claim pilih salah satu data untuk diedit lalu klik edit.
2) Apabila tombol diklik akan muncul laman form edit data yang memiliki tampilan sama dengan form tambah data. Untuk edit data pengguna dapat langsung ubah data misalnya mengganti client, date, dan data lainnya.
3) Pengguna juga bisa mengubah data items pada opsi edit ini. Lihat gambar berikut ini.
4) Jika seluruh data sudah tepat klik Save untuk memproses edit data. Jika proses berhasil maka data akan berubah di sistem
E. HAPUS DATA CUSTOMER CLAIM #
Data customer claim dapat dihapus oleh pengguna dengan mudah. Untuk caranya sama seperti menu lain yakni sebagai berikut.
1) Pada tabel data pilih satu data yang akan dihapus lalu klik link Delete dari link opsi data yang otomatis muncul
2) Setelah tombol hapus diklik akan muncul konfirmasi untuk menghapus data. Klik OK untuk konfirmasi hapus data