Pada bagian ini proses manufaktur dimulai dengan pengguna mengelola beberapa data awal terkait manufaktur antara lain plan dan work order. Pada proses manufaktur terdapat serangkaian alur yang perlu dijalankan dan antar data terkait satu sama lain. Untuk lebih menggambarkan hal ini lihat gambar berikut.
Adapun untuk panduan ini kami jelaskan mulai dari plan dan work order dan untuk menu sebelumnya bisa dilihat pada panduan / manual book manufacture.
A. TAMBAH DATA PRODUCTION PLAN #
Mulanya pengguna dapat menambahkan data production plan dengan klik menu Plan untuk tampilkan menu berikut.
Detail tampilan menu plan adalah sebagai berikut :
- Tombol Add Production Plan, merupakan tombol yang berfungsi untuk tambah data rencana produksi yang baru ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data plan berdasarkan status. Data tersebut terdiri atas approved, waiting approval, rejected, dan draft
- Filter Data & Tombol Export, adalah tombol untuk mengatur jumlah data berdasarkan row dan ekspor data dalam beberapa pilihan jenis file
- Tabel Data, berupa tabel data plan dengan kolom code, name, branch, progress, status, star date, end date, dan approval status. Selain itu ada link opsi berupa edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna. Link muncul secara otomatis
Adapunntuk tambah data plan yang baru ke sistem melalui beberapa tahapan berikut.
1) Pastikan data standard cost dan formula sudah ada di sistem sebelumnya
2) Untuk tambah data producstion plan pada laman klik tombol Add Production Plan
3) Setelah tombol diklik maka akan tampil laman tambah data yang terdiri dari tab production plan dan items. Pada tab plan isikan data wajib berupa name dan code. Selain itu isi data lain seperti branch, department, project, dan notes
4) Pada tab items klik select pada pilihan production formula untuk munculkan pop up pilihan production formula.
5) Pada pop up pilihan items pilih salah satu items yang ada lalu klik OK
5) Jika items sudah dipilih lanjut dengan klik add item lalu secara otomatis akan masuk ke list items berikut
6) Jika seluruh data sudah tepat klik tombol save untuk menyimpan data atau save to draft untuk simpan data dalam bentuk draft.
7) Tunggu proses berjalan di sistem jika berhasil maka data akan masuk ke tabel dengan status yang sesuai saat proses simpan. Contoh berikut adalah data baru yang sifatnya masih draft
B. VIEW DATA PRODUCTION PLAN #
Pengguna bisa melakukan view data production plan secara detail dengan beberapa opsi di dalamnya. Simak ulasan berikut
1) Pilih salah satu data di tabel plan lalu klik link view
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail production plan yang terdiri atas tab plan dan items. Pada tab awal terdapat detail production plan dengan tombol opsi data berikut
3) Pada bagian bawah laman terdapat tab task yang terdiri atas beberapa tab seperti reminders, tasks, notes, dan lainnya. Pada panduan ini tidak kami jelaskan mengenai tab ini
4) Adapun pada tampilan lain terdapat tab items berisi tabel items dan tombol export excel berikut ini
5) Pada laman terdapat tombol opsi seperti send message, Send email, dan print pdf serta tombol back.
6) Adapun untuk opsi di menu ini kami contohkan Print PDF yang bisa dilakukan dengan klik Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
7) Setelah tombol diklik akan muncul pop up konfirmasi memilih pihak yang menyetujui dokumen PDF. Setelah pihak dipilih lalu klik Print PDF untuk lanjutkan proses dan bila berhasil maka data plan hasil print akan muncul seperti gambar berikut
C. TAMBAH DATA WORK ORDER #
Pada tahap selanjutnya pengguna dapat tambahkan data work order sebagai kelanjutan dari proses manufaktur. Untuk melakukan hal ini mula – mula buka menu work order setelah itu akan tampil menu berikut.
Detail tampilan menu work order :
- Tombol Add Work Order, adalah tombol untuk menambahkan data work order ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan data berdasarkan status approvalnya. Data tersebut terdiri atas approved, waiting approved, rejected, dan draft
- Filter Tabel & Tombol Ekspor, berupa tombol untuk memfilter data berdasarkan jumlah row tabel dan tombol untuk ekspor data ke beberapa jenis file
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, main product, status, quantity, unit, material, cost, total, total main product, total other product, dan status. Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna yang muncul secara otomatis
Sama seperti sebelumnya pengguna dapat tambahkan data work order yang baru melalui langkah – langkah berikut ini.
1) Pada work order terdapat beberapa bagian data yaitu work order, stages, material items, expenses, dan other product. Setiap bagian berpengaruh nanti ketika data digunakan menu lainnya
2) Untuk membuka laman tambah data klik tombol Add Work Order
⇓⇓⇓
3) Ketika tombol diklik akan muncul laman dengan beberapa tab bagian dan awalnya pengguna ilih tab work order. Pada laman work order inputkan data wajib (Required) seperti klik select pada pilihan production plan items sehingga muncul pop up pilihan berikut
4) Setelah pilih data production plan lanjutkan pilih data required lain berupa work order account mapping dan expenses difference account mapping berikut
4) Bila pilihan diklik lanjut pilih data GL Account mapping dan pilih salah satu data yang ada
⇓⇓⇓
5) Pada tahap selanjutnya di tab stages klik select pada form lalu isikan data stages. Namun bila sudah input production plan maka data stages akan terinput otomatis seperti gambar berikut ini
6) Pada tab material items juga berlaku hal sama, jika production plan telah dipilih maka data akan masuk otomatis berikut ini
7) Selanjutnya isikan juga data pada tab expenses dan other products bila perlu
8) Adapun bila seluruh data sudah tepat diisi lanjut proses input dengan klik save atau save to draft untuk simpan data work order yang baru.
9) Tunggu proses berjalan dan jika berhasil maka data akan masuk ke sistem dan muncul notifikasi sukses berikut ini.
D. VIEW DATA WORK ORDER #
Pada opsi ini pengguna dapat lihat detail data work order dengan lakukan beberapa opsi pada laman ini. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.
1) Pengguna perlu memilih salah satu data lalu Klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Jika link diklik akan muncul form detail work order dengan detail tab work order, items, expenses, dan other product. secara detail. Pada tab awa; muncul detail laman berikut dan ada tombol opsi di bawahnya
3) Pada tab awal juga terdapat tab reminders, tasks, notes, discuss, attachment, dan journal di bagian bawah laman (Di panduan ini tidak dijelaskan)
4) Pada tab lain juga terdapat detail data semisal detail data items, expenses dan product. Pada setiap detail terdapat tabel dan tombol untuk ekspor data.
Ket : detail tab items
Ket : detail tab products
Adapun pada laman juga terdapat beberapa tombol opsi yang tersedia mulai dari Complete work order, Send Message, Send email, dan Print pdf. Untuk opsi yang ada di menu ini lihat poin berikut.
i. Complete work order
Opsi ini berguna untuk menyelesaikan work order yang sudah berjalan agar berubah statusnya di sistem. Untuk caranya sendiri lihat poin berikut
1) Klik tombol complete work order maka akan muncul konfirmasi berikut.
2) Jika tombol diklik secara otomatis status akan berubah dan pengguna dapat melakukan pembatalan work order bila perlu dengan klik cancel work order
ii. Print PDF
1) Klik tombol Print PDF lalu akan muncul pop up konfirmasi persetujuan berikut
2) Setelah pilihan Prepared by danApproved dipilih lanjut klik Print PDF dan tunggu prosesnya sampai data tersebut berhasil diekspor. Lihat gambar berikut