Pada menu ini pengguna bisa mengelola data DP dari purchasing untuk proses pembayaran kepada vendor. Data DP yang ada dapat digunakan pada transaksi di menu lain seperti invoice atau payment. Untuk opsi yang tersedia di menu ini dapat dilihat pada pembahasan berikut.
A. TAMPILAN MENU PURCHASE DP #
Untuk membuka menu Purchase DP pada group menu klik menu Purchase DP lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu purchase DP :
- Tombol Tambah Data, merupakan tombol yang berfungsi untuk tambah data purchase DP baru ke Sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data berdasarkan status. Tab data terdiri atas approved, waiting approval, rejected, dan draft. Pada tiap tab terdapat data tabel yang berbeda statusnya
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, date, vendor, amount (Jumlah dp), tax (Pajak), address, notes dan status. Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna
Pada menu ini juga ada beberapa opsi yang dapat dilakukan oleh pengguna antara lain sebagai berikut.
B. TAMBAH DATA PURCHASE DP #
Pengguna bisa tambah data purchase DP yang baru ke sistem dengan mudah. Untuk caranya dapat dilihat di poin berikut ini.
1) Pada bagian atas tabel data klik tombol Add Down Payment
2) Setelah tombol tambah data diklik akan muncul form awal untuk tambah data purchase DP. Pada form isikan data wajib dengan memilih vendor, date, dan amount dengan klik select lalu akan tampil pop up berikut.
3) Setelah data tadi disii input juga data pendukung lain seperti payment terms, branch, department, project dan notes. Jika seluruh data telah tepat klik save atau save as draft untuk simpan data
4) Tunggu prosestambah data berjalan di sistem dan jika berhasil maka data akan masuk ke sistem dan muncul notifikasi sukses berikut ini.
C. VIEW DATA & OPSI #
Pengguna bisa melakukan view data purchase DP dengan beberapa opsi lain. Simak penjelasan di bawah ini.
1) Pilih salah satu data pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan tampil laman purchase DP dengan detail data yang tersedia. Dalam laman terdapat pula tombol opsi sepeti send message, send email, dan print pdf. Ada juga tab task dan reminders di bagian bawah laman (Tidak dijelaskan di panduan ini)
3) Untuk tombol opsi kami beri contoh untuk opsi tombol Print PDF. Caranya cukup mudah yakni pengguna dapat klik Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
4) Setelah tombol diklik muncul jendela konfirmasi pilihan pihak yang menyetujui dalam ekspor PDF. Klik Print PDF untuk lanjutkan proses lalu tunggu prosesnya sampai data sales DP berhasil diekspor sebagai berikut
D. EDIT DATA PURCHASE DP #
Sama seperti menu sebelumnya pengguna juga bisa lakukan edit data purchase DP jika diperlukan. Adapun untuk melakukan hal ini ikuti pembahasan berikut.
1) Pada tabel pilih salah satu data untuk diedit lalu klik edit.
2) Jika tombol diklik akan muncul form edit dengan tampilan serupa dengan tambah data. Pengguna dapat langsung edit data baik data wajib seperti vendor atau amount dan data pendukung lainnya.
3) Jika seluruh data sudah tepat klik save untuk memproses edit data. Jika proses berhasil maka data akan berubah di sistem
E. HAPUS DATA PURCHASE DP #
Pengguna dapat lakukan opsi hapus data purchase DP bila data tidak berlaku lagi. Untuk caranya cukup mudah yakni dapat dilihat pada poin berikut
1) Pada tabel data pilih salah satu data lalu klik link Delete dari link opsi data untuk tampilkan konfirmasi.
2) Jika muncul konfirmasi hapus data Klik OK untuk lanjutkan proses hapus data. Tunggu proses hapus data berjalan dan jika berhasil muncul notifikasi sukses hapus data dan data tersebut berhasil dihapus dari sistem