Pada menu ini data sales order bisa dikelola pengguna untuk proses penjualan secara langsung. Namun dalam pengelolaan data sales order berkaitan dengan sales quotation sehingga sales order hanya bisa dilakukan bila sudah ada dta sales quotation. Selengkapnya silahkan lihat poin – poin di bawah ini.
A. TAMPILAN MENU SALES ORDER #
Untk membuka menu ini pengguna buka grup menu sales lalu klik Sales Order setelah itu akan muncul menu berikut ini.
Detail tampilan menu csales order :
- Tombol Add, merupa tombol untuk menambah data sales order
- Tab Data, merupakan tab yang mengelompokkan jenis data sales order berdasarkan status mulai dari Approved, Waiting Approved, Rejected, dan Draft.
- Tabel data, berisi data – data Sales Order dengan kolom code, customer, sales order, subtotal, discount, total, tax, dan status. Selain itu terdapat pula link opsi data yang akan muncul bila pengguna memilih salah satu data. Link tersebut yakni view, edit, delete, dan log
Sama seperti menu lainnya di menu ini ada beberapa opsi yang bisa dilakukan pengguna yakni sebagai berikut.
B. TAMBAH DATA SALES ORDER #
Pengguna bisa melakukan tambah sales order dengan ikuti poin berikut ini.
1) Pada bagian atas tabel data klik Tombol Add Sales Order
2) Setelah tombol diklik akan muncul form tambah data sales order dalam tab sales order, items, dan expenses. Mula – mula pengguna isi data sales order dengan memilih client, date, dan opsi lainnya
3) Pada bagian lain pengguna perlu pilih data sales Quotation yang sudah ada sebelumnya dengan klik select sales quotation lalu akan munucl tampilan pilih sales quotation
4) Jika sales order sudah diisi lanjutkan input data pada tab items dengan pilihlah data items yang ada lalu akan muncul pilihan item yang akan diilih. Lihat gambar berikut.
5) Pada tab Expenses lakukan hal serupa dengan pilih data xpenses bila perlu lalu klik add expenses untuk masukkan data seperti contoh berikut
6) Jika seluruh data telah tepat lanjut proses tambah dengan klik save untuk melakukan simpan data atau save to draft untuk menambahkan ke draft
7) Jika proses berhasil akan muncul notifikasi sukses dan data baru muncul di tabel sistem sesuai status. Contoh di bawah ini statusnya adalah draft
C. VIEW DATA & OPSI #
Pengguna bisa melakukan view data sales order serta melakukan beebrapa opsi di laman. Selengkapnya lihat poin berikut ini.
1) Untuk lihat data pilih salah satu data sales order pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail data sales order berisi seluruh data yang ada. Dalam laman terdapat tab sales order, items, dan expenses. Berikut adalah tampilan sales order awal.
3) Pada bagian bawah tampilan awal terdapat beberapa tab berkaitan dengan task seperti reminders, tasks, note, disscuss, attachment, dan journal. Penjelasan dari tab ini tidak kami paparkan di manual ini.
4) Adapun pada tab Items dan Expenses masing – masing juga terdapat detail data yang sudah diinput sebelumnya. Tab items berisi data items dalam tabel dan total harga sedangkan tab expenses berisi data pengeluaran beserta jumlahnya
Ket : detail tab items
Ket : detail tab Expenses
5) Pada tampilan laman ini terdapat beberapa tombol opsi yang tersedia mulai dari Send Message, Send email, dan print pdf. Setiap tombol bisa digunakan sebagai opsi di menu.
6) Untuk opsi awal adalah send message. Caranya klik send message maka akan muncul form untuk send message sales order sebagai berikut.
7) Pada opsi lain terdapat send email dimana ketika tombol diklik akan muncul form send email sales order berikut ini.
8) Pada opsi lainnya terdapat Print PDF dimana pengguna klik Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
9) Pada jendela pilih pihak yang menyiapkan (Prepared) dan menyetujui (Approved) dari data yang akan diekspor PDF. Jika semua sudah tepat klik Print PDF lalu tunggu prosesnya sampai data tersebut berhasil diekspor. Lihat gambar berikut
D. UBAH DATA SALES ORDER #
Pengguna dapat mengubah sales order dengan mudah bila diperlukan. Caranya sama seperti menu sebelumnya yakni sebagai berikut.
1) pada tabel data sales order pilih salah satu data yang akan diubah lalu kik link Edit yang otomatis muncul bila data dipilih
2) Setelah tombol diklik akan muncul form edit data sama seperti tambah data. User dapat edit data sesuai ketentuan misalnya pada tab sales order bisa rubah client, date, atau terms.
3) Pada tab lain (Items dan expenses) ubah data sesuai keperluan misalnya ingin mengubah item dan expenses yang sudah ada atau menambah data yang baru.
Ket : edit data items
Ket : edit data expenses
4) Jika seluruh data edit telah tepat klik save untuk rubah data.
5) Apabila proses edit data berhasil maka akan muncul notifikasi dan data akan berubah di tabel data sebagai berikut
E. HAPUS DATA SALES ORDER #
Pengguna dapat melakukan hapus data sales order apabila tidak lagi diperlukan. Sama seperti sebelumnya caranya adalah sebagai berikut.
1) Pilih salah satu data di tabel untuk dihapus, lalu klik link delete
2) Setelah tombol hapus diklik akan muncul konfirmasi untuk menghapus data. Klik OK untuk memproses hapus data tersebut
3) Tunggu proses hapus berjalan dan jika berhasil maka data tersebut akan terhapus dari sistem dan muncul notifikasi sukses