Berbeda dengan invoice pada sales receipt pengguna dapat mengelola data berkaitan dengan tagihan yang dibayarkan oleh customer. Pada menu data pembayaran bisa diinput untuk membuat proses penjualan selesai dilakukan oleh kedua belah pihak.
Selengkapnya lihat poin berikut ini.
A. TAMPILAN MENU SALES RECEIPT #
Untuk membuka menu ini pengguna dapat klik menu Sales Receipt lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu di atas adalah :
- Tombol Sales Receipt, merupakan tombol yang berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke laman ini
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data sales receipt berdasarkan kelompok dan status. Data tersebut terdiri atas Group by Invoice, Group by Sales DP, Group by Invoice Exchange, Approved, waiting approval, rejected, dan draft
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, customer, date, due date, invoice total paid, remaining payment, receipt status, dan kolom action. Setiap tabel yang membedakan hanya statusnya. Selain itu terdapat link opsi untuk view, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna.
- Tombol action, merupakan tombol untuk melakukan pembayaran secara langsung
Untuk lebih jelasnya mengenai opsi yang bisa dilakukan oleh pengguna di menu ini simak ulasan di poin berikut ini.
B. ADD PAYMENT #
Pada opsi ini pengguna dapat langsung melakukan pembayaran dari invoice yang sudah diinput di menu invoice sebelumnya. Pengguna harus melakuan beberapa langkah berikut agar proses pembayaran berhasil dilakukan. Selengkapnya lihat poin – poin berikut ini.
1) Pada tabel data group by invoice atau by dp pilih salah satu data invoice yang belum dibayar lalu klik tombol Add Payment, setelah itu akan tampil detail payment berikut
2) Dari detail di atas terdapat detail sales invoice dari menu sebelumnya dan di bagian bawah terdapat form sales receipt. Untuk tambah pembayaran pengguna dapat isi data wajib mulai dari pilih payment method, bank amount, date, dan tax
3) Pada pilihan bank dan payment method bila diklik akan mujncul form untuk memilih data payment berikut ini.
Ket : pilih payment method
Ket : pilih bank
4) Setelah data payment tersebut diisi isikan juga data lain mulai dari amount dan discount. Isikan data dengan tepat sesuai ketentuan yang ada.
Ket : isi amount
Ket : isi diskon dan save
5) Jika seluruh data sudah teppat diisi klik save untuk memproses payment. Jika proses berhasil maka data invoice tersebut berubah statusnya menjadi Paid atau sudah dibayar
6) Selain sudah berhasil dibayar pada tab Approved data tersebut memiliki status Approved yang artinya sudah berhasil diinput ke sistem
C. VIEW DATA & OPSI #
Pengguna bisa melakukan view data sales receipt dan melakukan bebeapa opsi pada laman tersebut. Adapun untuk langkah – langkahnya dapat dilihat pada poin berikut
1) Pilih salah satu data pada tabel lalu klik link view pada link opsi data yang muncul
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail sales invoice dan receipt yang sudah sebelumnya di menu utama. Lihat gambar berikut
3) Pada tampilan laman juga terdapat beberapa tombol opsi data yang tersedia mulai dari Delete, Send Message, Send email, dan print pdf. Setiap tombol bisa digunakan sebagai opsi di menu.
4) Pengguna dapat delete data receipt dengan mudah dengan cara klik tombol Delete pada data lalu akan muncul konfirmasi berikut.
5) Sedangkan untuk opsi lain terdapat print PDF dimana pengguna dapat klik tombol Print PDF lalu akan muncul form konfirmasi berikut.
6) Setelah tombol diklik akan muncul form untuk memilih pihak yang menyetujui print PDF. Pilih pihak yang berlaku sesuai ketentuan lalu klik Print PDF untuk lanjutkan proses tersebut.
7) Jika proses ekspor berhasil maka data sales receipt akan muncul seperti gambar berikut
D. HAPUS DATA SALES RECEIPT #
Di menu ini data sales receipt bisa diedit bila diperlukan perubahan. Untuk cara dari opsi ini dapat lihat poin berikut ini.
1) Pada tabel data pilih salah satu data lalu klik link Delete dari link opsi data yang otomatis muncul
2) Setelah tombol hapus diklik akan muncul konfirmasi untuk menghapus data. Klik OK untuk konfirmasi hapus data
3) Tunggu proses hapus data berjalan di sistem dan jika sukses akan muncul notifikasi sukses hapus data sales receipt