Pada menu ini pengguna dapat PC Payment atau pembayaran dari production cost. Pada menu PC payment difungsikan untuk pembayaran jasa yang digunakan dalam proses manufacture. Pada menu ini ada beberapa opsi yang bisa dijalankan oleh admin dan sudah terangkum dalam ulasan berikut.
A. TAMPILAN MENU PC PAYMENT #
Sama seperti sebelumnya pengguna dapat buka menu dengan klik menu PC Payment lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu pc payment :
- Tombol Add, merupakan tombol yang berfungsi untuk tambah production cost baru ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data production cost berdasarkan status. Data tersebut terdiri atas approved, waiting approved, rejected, dan draft dan data yang muncul sesuai status pada tab tersebut
- Filter dan Tombol Ekspor, merupakan tombol filter data yang menampilkan data berdasarkan jumlah row dan tombol export untuk mengekspor data ke dalam beberapa jenis file
- Tabel Data, berupa tabel data receipt berisi kolom code, work order, main product, date, notes, dan approval status. Selain itu terdapat link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna yang muncul secara otomatis
Sama seperti menu lainnya untuk opsi apa saja yang bisa dilakukan oleh pengguna dapat dilihat pada penjelasan berikut.
B. ADD PC PAYMENT #
Pengguna bisa melakukan tambah data pc payment baru dengan melakukan beberapa langkah berikut.
1) Pada bagian atas tabel dat areceipt klik tombol Add Production cost payment untuk tampilkan laman tambah data berikut
⇓⇓⇓
2) Pada laman awal pengguna dapat isikan data di tab production cost payment dengan memilih data required yakni work order dan date. Untuk work order klik select pada laman lalu akan muncul pop up pilihan berikut
3) Pilih data bank yang ada pada form lalu lanjutkan isi data dengan memilih dan mengisi data lain seperti branch, department, project, staff, dan notes.
4) Setelah tab awal isikan data juga pada tab items dengan klik salah satu items production cost dan data bank. Setelah itu akan muncul form untuk select data berikut ini.
Ket : select data items
Ket : select data bank
5) Jika data items dan bank telah dipilih lanjut klik add items lalu data tersebut akan masuk ke list items. Lihat gambar berikut ini.
6) Jika seluruh data sudah tepat baik pada tab production cost dan items lanjut tahap akhir dengan klik tombol save untuk menyimpan data atau save as draft untuk menyimpannya dalam bentuk draft.
7) Tunggu proses berjalan dan jika berhasil maka data akan masuk ke sistem seperti gambar berikut.
C.VIEW DATA & OPSI #
Pada opsi ini data pc payment yang masuk ke sistem dapat dilihat detailnya dan terdapat beberapa opsi yang dapat dilakukan. Adapun untuk langkah – langkahnya dapat dilihat pada pembahasan di bawah ini.
1) Pada tabel data pilih salah satu data klik link view pada link opsi data
2) Setelah tombol diklik akan muncul form detail data pc payment berisi tab pc payment dan items. Pada tab receipt terdapat detail data seperti code, date, dan notes. Selain itu ada tombol opsi seperti send message, email, dan print pdf serta tombol back.
3) Pada bagian bawah laman terdapat beberapa tab berkaitan dengan task seperti reminders, tasks, note, disscuss, attachment, dan journal. Penjelasan mengenai fungsi ini tidak kami paparkan pada tutorial ini.
4) Pada tab Items terdapat detail data items yakni tabel dengan kolom seperti item dan bank. Pada tabel juga terdapat tombol ekspor untuk mengekspor data tabel.
5) Untuk opsi tombol ada beberapa tombol yang bisa digunakan namun untuk contoh berikut kami contohkan Print PDF. Untuk carnaya cukup klik tombol tersebut maka akan muncul form konfirmasi persetujuan print PDF berikut
6) Pilih pihak yang menyiapkan (Prepared) dan menyetujui (Approved) pada form konfirmasi print PDF. Selanjutnya klik Print PDF untuk lanjut proses print pdf sampai muncul hasil berikut ini.
D. EDIT DATA PC PAYMENT #
Pengguna juga dapat edit data PC Payment yang sudah berlaku jika perlu perubahan. Untuk caranya sendiri dapat dilihat pada poin – poin berikut.
1) Pada tabel PC Payment pilih satu data untuk diedit lalu klik link edit.
2) Setelah link diklik akan muncul laman edit data pc payment. Pengguna dapat Edit data secara langsung mulai dari edit data di tab PC Payment misalnya ubah work order, date, dan lainnya
3) Ubah juga data pada tab items bila perlu dengan cara tambah baru atau ubah item yang sudah ada. Lihat gambar berikut ini.
4) Jika seluruh data yang diedit sudah tepat save untuk memproses edit data.
5) Tunggu proses berjalan hingga muncul notifikasi sukses dan data baru akan tampil di sistem
E. DELETE DATA PC PAYMENT #
Pada opsi ini pengguna dapat delete data receipt jika dirasa perlu dihapus. Adapun caranya sendiri dapat dilihat pada poin – poin berikut.
1) Pilih salah satu data untuk dihapus lalu klik link Delete dari link opsi data
2) Setelah link hapus diklik akan tampil konfirmasi untuk menghapus data dan pengguna dapat lanjutkan proses dengan klik OK
3) Setelah klik OK tunggu proses berjalan dan bila proses hapus berhasil muncul notifikasi sukses dan data tersebut berhasil dihapus dari sistem
F. EXPORT DATA #
Pengguna dapat gunakan opsi ini untuk ekspor data PC Payment ke beberapa jenis pilihan ekspor. Adapun untuk cara melakukan opsi ini dapat dilihat pada penjelasan berikut.
1) Untuk export data utama PC Payment pada laman PC Payment klik tombol export lalu akan tampil pilihan ekspor file berikut
2) Pada form pilihan pilih salah satu jenis ekspor data apakah berupa excel, csv, pdf, atau print. Setelah itu tunggu proses ekspor berjalan hingga file berhasil terekspor seperti contoh berikut yakni PDF
3) Adapun pengguna juga dapat melakukan ekspor data pada tabel lain semisal tabel Items di laman view. Adapun caranya sama dengan sebelumnya jadi tidak kami jelaskan kembali