Pada bab ini kami akan jelaskan awal modul POS (Point of sales) dimana dalam modul ini aktivitas retail berjalan secara langsung dimana pengguna melakukan transaksi kepada pelanggan. Pada POS seluruh kegiatan jual beli items dapat dilakukan kepada pihak customer dan seluruh transaksi akan tercatat dalam sistem ERP.
Dalam modul POS terdapat beberapa opsi yang harus dijalankan admin dan untuk penjelasan menu ini bisa lihat tutorial berikut ini.
A. AWAL MENU POS #
Mula – mula admin harus membuka menu dengan melalui beberapa langkah berikut ini.
1) Klik menu POS pada daftar menu setelah itu akan muncul tampilan tabel berikut ini
2) Pada tabel di atas terdapat tabel data staff untuk mengakses POS dan admin dapat melihat detail admin dengan klik tombol lalu akan muncul tampilan detail berikut ini.
Ket : profile staff
3) Adapun untuk melanjutkan proses klik start pada salah satu staff
4) Jika tombol start diklik akan muncul tampilan tabel POS branch berikut ini
5) Pada tabel pdata branch yang terdaftar pada sistem dan admin dapat memilih salah satu cabang untuk menjalankan menu POS dengan klik select lalu muncul tampilan awal POS berikut ini.
Dari menu di atas terdapat beberapa detail berikut :
- Tombol Select Warehouse & Search Products, berisi beberapa tombol opsi untuk memilih produk berdasarkan warehouse dan form search untuk mencari produk.
- Daftar Produk, merupakan tampilan berupa nama produk beserta detail dan harga. Di bawahnya terdapat tombol add cart untuk menambah barang ke keranjang. Adapun produk ini dikelola pada modul inventory
- Form Select Customer, berupa tombol select yang berguna untuk mencari dan memilih customer untuk transaksi
- Tampilan Cart, berisi tampilan data cart produk yang sudah masuk ke POS berisi detail produk dan harga
- Tampilan Summary Transaction, berisi ringkasan transaksi yang akan diproses dengan detail subtotal, tax, dan total harga yang harus dibayarkan.
6) Selain tampilan awal pada bagian bawah menu terdapat form notes untuk menngisi catatan pada transaksi serta tombol checkout untuk memproses pesanan
7) Adapun untuk proses transaksi selanjutnya akan dijelaskan pada tutorial berikutnya
B. POS – CARI & LIHAT PRODUK #
Setelah admin memahami menu POS bagian awal admin dapat melakukan proses transaksi yang terbagi dalam beberapa tahapan. Pada opsi awal admin perlu memahami bagaimana pencarian produk dan detailnya melalui beberapa opsi berikut.
1) Untuk cari produk lihat pada form search dan admin dapat pilih data warehouse dengan cara klik select warehouse
2) Setelah tombol diklik akan muncul form untuk mencari warehouse. Pilih warehouse yang sesuai lalu klik select.
3) Setelah data warehouse dipilih admin dapat lanjut mencari produk dengan ketik pencarian pada form lalu klik search. Lihat gambar berikut ini.
4) Setelah search dilakukan secara otomatis data produk yang dicari akan muncul bila tersedia. Data yang muncul berisi nama produk dan harga.
5) Adapun untuk melihat detail barang lebih lanjut pengguna dapat klik link produk yang tersedia.
6) Setelah link diklik maka akan muncul detail produk (items) pada menu items berisi detail data dan beberapa tab. Untuk detail menu ini sudah dijelaskan apda tutorial di modul items.
C. POS – NEW & SELECT CUSTOMER #
Setelah admin memahami tentang produk langkah selanjutnya daam transaksi adalah memilih customer untuk proses jual beli. Untuk melakukan hal ini ikuti langkah berikut :
1) Untuk tambah customer baru lihat bagian atas tampilan pada tombol customer lalu klik new customer
2) Setelah tombol diklik akan muncul form tambah data customer dan admin dapat isi data customer berupa company, first name, last name, email, dan telepon (hp). Setelah semua data lengkap klik tombol add customer
3) Setelah tombol diklik maka secara otomatis sistem akan memasukkan data customer baru ke form customer berikut ini.
4) Adapun jika admin ingin memilih customer yang sudah ada lihat pada form customer lalu klik select
5) Setelah tombol diklik maka akan muncul form select client/customer dan admin dapat pilih salah satu data.
D. POS – PROSES ADD TO CART & CHECKOUT #
Pada opsi ini merupakan inti dari proses transaksi di modul POS dimana admin dapat melakukan transaksi dari mulai memilih produk hingga pembayaran. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk opsi ini dan sudah kami rangkum dalam poin berikut.
i. Proses Add to cart
1) Pastikan admin sudah memilih customer dan memahami produk pada opsi sebelumnya, lalu pada tampilan utama klik tombol add to cart
2) Setelah produk dipilih maka pada tampilan cart barang akan muncul data barang dan summary berikut ini
3) Pada tampilan produk cart admin dapat klik detailnya lalu admin dapat isikan price, discount, unit, tax, dan warehouse bila perlu. Lihat gambar berikut
4) Pada tahap akhir isi note bila perlu dan klik tombol checkout untuk melanjutkan proses transaksi
5) Setelah tombol checkout diklik maka data transaksi awal akan muncul informasi bahwa transaksi belum dibayarkan dan admin perlu lanjut ke tahap selanjutnya.
ii. Proses Pembayaran / Checkout
1) Setelah lakukan checkout pilih transaksi yang belum dibayar lalu lihat pada bagian bawah laman dan akan melihat form payment berikut
2) Dari tampilan di atas terdapat beberapa detail yakni :
- Jumlah payment beserta pilihan payment method
- Tombol untuk payment berupa pay cash, online, atau cancel
- Tombol opsi lain berupa send message, send email, dan refresh transaction
3) Untuk melakukan pembayaran pilih salah satu metode pembayaran lalu klik tombol pay cash atau online payment. Berikut ini kami contohkan payment cash
4) Setelah tombol payment diklik akan muncul konfirmasi pembayaran dimana ada detail pembayaran beserta kembalian. Klik Pay cash untuk lanjutkan prosesnya
5) Tunggu proses pembayaran berjalan dan bila sukses maka akan muncul notifikasi dan data transaksi telah berubah status menjadi Paid
Ket : status transaksi paid
6)Adapun setelah transaksi selesai ketika admin klik tombol transaksi maka data transaksi yang sudah masuk muncul pada daftar seperti gambar berikut
E. OPSI DELETE PRODUK & CANCEL TRANSACTION #
Selain opsi transaksi admin dapat melakukan pembatalan transaksi berjalan atau menghapus data produk saat transaksi. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
1) Untuk opsi hapus produk pada saat setelah add to cart lihat pada daftar produk lalu klik delete
2) Setelah tombol diklik maka data barang akan terhapus dari cart dan pengguna dapat lakukan add to cart kembali
3) Adapun untuk opsi batalkan transaksi setelah admin melakukan checkout lihat pada daftar tombol pembayaran lalu klik cancel transaction
4) Setelah tombol cancel diklik akan muncul konfirmasi untuk batalkan transaksi, klik cancel untuk melanjutkan proses tersebut
5) Jika proses batalkan transaksi sukses maka akan muncul notifikasi berikut dan transaksi tersebut tidak jadi diproses