Pada opsi ini admin dapat kelola data customer dengan melakukan beberapa opsi pada data terebut. Adapun untuk penjelasan mengenai opsi ini dapat dilihat pada poin – poin berikut.
Ket : untuk opsi yang ada hanya dijelaskan beberapa yang cukup penting bagi data customer dan opsi lainnya akan dibahas pada tutorial lain
A. NEW DATA CONTACT #
Admin bisa melakukan tambah data contact baru ke dalam rangkaian data customer. Adapun untuk langkah – langkahnya simak penjelasan berikut ini.
1) Pastikan admin sudah masuk ke laamn contact baik melalui link contact atau klik menu contact pada view data customer
2) Setelah menu terbuka klik tombol new contact untuk tambahkan data kontak baru
3) Setelah tombol diklik akan muncul tampilan form tambah contact berikut lalu admin dapat input data awal seperti nama, posisi, email, dan phone.
4) Selanjutnya admin dapat isi data direction, password contact, dan beberapa opsi lainnya. Selain itu admin dapat aktifkan atau nonaktifkan permission yang ada. Lihat gambar berikut
5) Pada tahap akhir admin dapat aktifkan atau nonaktifkan email notification lalu klik save untuk melanjutkan opsi tambah data contact
6) Tunggu proses berjalan di sistem dan bila berhasil maka akan muncul notifikasi sukses dan data contact baru berhasil masuk ke tabel data contact di menu view customer.
B. OPSI AKTIFKAN DATA CONTACT #
Admin dapat melakukan opsi ini untuk mengaktifkan atau tidak data contact yang sudah ada di sistem. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut.
1) Pada tabel data pilih salah satu data lalu pada kolom Active ubah statusnya dengan klik inactive (Karena status awal data aktif)
2) Setelah tombol switch diklik maka statusnya otomatis akan berubah enjadi inactive berikut dan admin dapat mengaktifkannya kembali bila perlu.
C. EDIT & HAPUS DATA CONTACT #
Data contact yang ada dapat diedit atau dihapus oleh admin jika memang opsi ini diperlukan. Adapun untuk cara melakukan opsi ini ikuti langkah berikut.
1) Untuk opsi edit data admin dapat pilih salah satu data contact lalu klik edit
2) Setelah tombol diklik akan muncul form untuk edit data contact dan Admin dapat edit data contact mulai dari image dan data diri lainnya
3) Admin juga dapat ubah data lain seperti email dan phone, pilihan direction, password, dan opsi lainnya sebagai berikut
4) Pada tahap akhir ubah juga permission dan pilihan email notification. Namun jika seluruh data sudah tepat klik save untuk memproses edit data
5) Tunggu proses edit data berjalan dan bila berhasil maka data akan berubah pada tabel dan muncul notifikasi berikut
6) Adapun untuk opsi hapus data pengguna dapat pilih salah satu data contact lalu klik tombol delete
7) Setelah tombol hapus diklik akan muncul konfirmasi untuk menghapus data. Klik OK untuk konfirmasi hapus data
8) Tunggu proses hapus data berjalan di sistem dan apabila proses berhasil muncul notifikasi sukses dan data contact berhasil terhapus dari sistem
D. OPSI ASSIGN ADMIN & DELETE ADMIN #
Pada opsi ini setiap customer dapat memiliki admin yang mengoperasikan sistem bila diperlukan. Admin dapat menambahkan atau menghapus customer admin yang diperlukan sesuai ketentuan. Untuk melakukan opsi ini ikuti langkah berikut.
1) Mula – mula pastikan admin berada pada laman profile lalu klik pada tab customer admin.
2) Untuk menambah data admin baru / assign admin klik tombol assign admin
3) Setelah tombol diklik akan muncul form untuk pilih admin mana yang akan menjadi admin customer. Pilih salah satu admin lalu klik save
4) Jika opsi berhasil maka akan muncul notifikasi sukses dan data admin berhasil masuk ke tabel berikut ini
5) Adapun pada opsi lain admin dapat menghapus data customer admin yang sudah ada dengan pilih salah satu data lalu klik delete
6) Setelah tombol diklik akan muncul form konfirmasi untuk delete data dan admin dapat klik OK untuk memprosesnya
7) Tunggu proses delete berjalan dan bila berhasil maka data customer admin tersebut akan terhapus di sistem
E. OPSI DELETE CUSTOMER #
Selain beberapa data profile admin juga dapat menghapus data customer secara keseluruhan. Untuk melakukan opsi ini silahkan simak penjelasan berikut.
1) Pilih salah satu data yang ada pada tabel customer lalu klik tombol delete
2) Setelah tombol diklik akan muncul form konfirmasi untuk hapus data lalu klik OK untuk lanjutkan proses delete
3) Tunggu proses delete data berjalan dan bila berhasil maka data customer akan terhapus dari sistem