Pada bagian ini pengguna dapat mengelola data customer sebagai bagian dari bisnis yang dijalankan. Pada menu ini kami akan jelaskan mengenai bagaimana menambh data dan melihat detail dan untuk opsi lainnya bisa simak pada panduan modul customer yang sudah tersedia sebelumnya. Selengkapnya simak ulasan berikut.
A. TAMBAH DATA CUSTOMER #
Pengguna dapat melakukan tambah data dengan langkah awal buka menu dengan klik menu customer maka akan muncul tampilan awal berikut.
Dari menu di atas terdapat beberapa detail berikut :
- Tombol Opsi, berisi beberapa tombol opsi untuk kelola data customers, mulai dari new customer, import customer, dan contacts
- Summary, merupakan tampilan ringkasan jumlah customer yang ada dan tercatat di sistem
- Tombol Opsi Tabel, berisi beberapa tombol yang mengatur opsi tabel mulai dari filter data berdasar row, export, dan bulk actions serta refresh. Selain itu terdapat opsi untuk exclude inactive customer dimana data customer tidak aktif tidak akan ditampilkan
- Tabel data, berisi data customer yang terdiri atas kolom company, primary contact, primary email, phone, active, group, dan date created. Selain menu di atas terdapat link Opsi Data yang akan muncul jika data dipilih. Link akan muncul secara otomatis berupa link view, edit dan delete.
Adapun untuk menambah data pengguna dapat ikuti beberapa langkah berikut :
1) Pada bagian atas tampilan menu klik tombol New customer
2) Setelah tombol diklik akan muncul laman tambah data dengan beberapa tab di dalamnya. Mula – mula admin dapat isi data awal pada tab customer details dengan mengisi data company secara lengkap (Nama, alamat, phone, website, alamat, negara)
3) Pada tab lain yakni Billing & Shipping masukkan data untuk billing dan shipping berupa alamat yang sesuai. Pengguna bisa juga copy alamat shipping yang sama dengana alamat billing. Lihat gambar berikut.
4) Pada tab lain yakni Sales isikan pilihan price level dan payment terms
5) Pada bagian akhir isikan data pada tab tax berupa nomor NPWP, NIK, dan document type serta alamat tax yang sesuai. Jika seluruh data sudah tepat klik save untuk memproses input data customer yang baru
6) Jika proses berhasil akan muncul notifikasi sukses dan secara otomatis laman akan berubah menjadi profile customer berikut.
B. VIEW PROFILE CUSTOMER #
Pada tahap ini setalah data customer masuk sistem pengguna dapat melihat detail data customer yang ada. Ada beberapa jenis detail yang ada namun kami sederhanakan dalam view profile, contact, dan invoice. Adapun untuk langkahnya lihat poin berikut.
1) Untuk awalnya buka data dengan pilih data yang ada di tabel customer lalu klik tombol VIEW
2) Setelah tombol diklik akan muncul tampilan awal dari data customer dengan detail sebagai berikut
3) Dari tampilan terdapat detail berupa tab jenis view (a) berisi data profile, contact, notes, invoice, invoice exchanges, saes receipt, project, task, tickets, files, dan reminders.
4) Adapun pada tampilan awal terdapat view profile (b) yang terdiri dari menu customer detail, billing & shipping, sales, tax, dan customer admins. Pada tampilan di atas terdapat tab profile yang berisi data profile customer secara lengkap
5) Pada tab lain profile terdapat tab billing & shipping berisi data alamat billing dan shipping berikut
6) Pada tampilan lain terdapat tab sales dan taxes yang berisi detail data sales dan taxes.
Ket : tab sales
Ket : tab taxes
7) Pada tab terakhir terdapat data customer admins dimana terdapat admin dari akun customer yang ada. Lihat gambar berikut dimana terdapat tampilan tombol assign admin (a) dan tabel admin (b)
C. VIEW CONTACT & NOTES CUSTOMER #
Pada view data ini pengguna dapat membuka detail berupa contact dan notes dapat dilihat oleh admin dengan mudah. Untuk caranya sendiri dapat dilihat pada poin berikut.
1) Untuk view contact pengguna dapat pilih tab contact pada tampilan view contact atau klik link contact pada salah satu data kontak pada tabel
Ket : contact dari link opsi data
Ket : view contacts dari laman view data
2) Setelah tombol diklik akan muncul laman contact berikut dimana terdapat detail berupa tombol tambah data contact (a), opsi tabel berupa jumlah row, export (b), dan tabel data contact (c)
3) Adapun untuk melihat notes admin dapat klik view notes pada laman view lalu akan muncul tampilan berikut
Ket : view note
4) Pada tampilan di atas terdapat tombol new note (a), tabel note (b), dan opsi berupa edit dan delete data (c). Untuk penjelasan mengenai opsi ini tidak dijelaskan pada tutorial.
D. VIEW INVOICES & SALES CUSTOMER #
Adapun pada opsi view jenis ini pengguna atau admin dapat lihat data invoices dari customer yang sudah tercatat di sistem dalam beberapa kategori. Karena invoice berkaitan dengan modul lain kami jelaskan secara singkat pada poin di bawah ini.
1) Pada awalnya admin dapat klik view invoices lalu akan muncul tampilan berikut ini
2) Dari tampilan di atas terdapat tampilan berupa tombol create invocies (a) dan tabel data invoices (b) dengan kolom code, customer, date, due date, total, status, dan approve status.
3) Pada view lain terdapat invoices exchanges dimana admin dapat membuka menu lalu akan muncul laman berikut
4) Dari tampilan di atas terdapat tampilan berupa tombol create new invocies (a) dan tabel data invoices exchange dengan kolom code, customer, invoice exchange date, dan approve status.
5) Pada view yang terakhir terdapat sales receipt dimana ketika admin klik tombol tersebut akan tampil laman berikut
6) Pada tampilan sales receipt terdapat detail berupa opsi data (a) dan tabel sales receipt dengan kolom transaction code, receipt code, customer name, invoice date, total receipt, dan total receipt discount