Menu ini berguna bagi pengguna untuk kelola data bank transfer yang berkaitan dengan transaksi di perusahaan. Dengan adanya data bank transfer dapat tercatat dengan jelas transfer anggaran antar kantor dan rekening yang masuk di perusahaan.
Adapun untuk apa saja yang bisa dijalankan pada menu ini liaht penjelasan berikut ini.
A. TAMPILAN MENU TRANSFER BANK #
Untuk mengakses menu transfer bank pada daftar menu klik menu Transfer Bank lalu akan muncul laman berikut ini.
Detail tampilan menu transfer bank di atas adalah sebagai berikut :
- Tombol Add Transfer, adalah tombol untuk tambah data transfer bank yang baru ke sistem
- Tab Data, berisi tab yang mengelompokkan jenis data tranfsfer bank berdasarkan status. Data tersebut terdiri atas approved, waiting approval, rejected, dan draft. Tiap data pada tab hanya berbeda statusnya saja
- Filter Data & Tombol Export, adalah filter data yang menampilkan data berdasarkan jumlah row serta tombol export yang mengekspor data ke beberapa jenis file
- Tabel Data, berupa tabel data dengan kolom code, date, amount, notes, dan status (Draft, approved). Selain itu muncul link opsi untuk view, edit, delete, dan log ketika data dipilih oleh pengguna
Adapun untuk opsi – opsi yang bisa dijalankan pengguna di menu ini bisa lihat pada poin – poin berikut.
B. ADD TRANSFER BANK #
Pada opsi ini data transfer bank yang baru dapat ditambahkan oleh pengguna melalui beberapa langkah mudah berikut.
1) Pada bagian atas tabel data klik tombol Add Transfer Bank
2) Setelah tombol diklik akan tampil laman tambah data dan pengguna bisa langsung isi data wajib (Required) berupa pilihan from bank (Asal), to bank (Tujuan), Amount.
3) Khusus pada pilihan bank pengguna dapat klik select lalu secara otomatis akan muncul form tambah data dan pengguna dapat pilih salah satu data bank yang ada.
Ket : pilih bank from
Ket : pilih bank to (tujuan)
4) Jika data wajib seperti telah diisi lanjutkan isi data lain seperti amount transfer, branch, department, project, staff , dan notes,
5) Setelah data invoice awal diisi lanjut ke tab expenses dengan klik select pada data expenses lalu akan muncul form pilihan expenses berikut
⇓⇓⇓
6) Setelah data expenses dipilih lanjut proses dengan klik add Expenses lalu data items akan muncul pada list items. Isikan data pendukung pada expenses seperti notes dan amount, serta charged to (Pihak yang menanggung expenses)
7) Adapun jika seluruh data sudah tepat klik save atau save as draft untuk memproses tambah data.
8) Bila proses berhasil maka data akan masuk ke tabel dan muncul notifikasi sukses berikut
C. VIEW DATA & OPSI #
Pada opsi ini pengguna dapat lihat detail data transfer bank beserta beberapa opsi pada view data tersebut. Adapun untuk pembahasan mengenai hal ini terdapat pada poin berikut.
i. View Data
Pengguna dapat melihat data transfer bank dengan mudah dengan ikuti langkah berikut
1) Pada tabel data transfer bank pilih salah satu data lalu klik link view pada link opsi data
2) Jika tombol diklik akan muncul detail data dengan tab convert dan expenses. Pada tab convert terdapat detail seperti code, date, from dan to bank, currency, amount dan lainnya. Ada juga tombol opsi untuk data ini.
3) Pada bagian bawah laman terdapat beberapa tab berkaitan dengan task seperti reminders, tasks, note, disscuss, attachment, dan journal. Untuk penjelasan mengenai hal ini tidak dibahas pada panduan ini.
4) Adapun pada tab expenses terdapat tabel data berisi data bank terkait expenses. Di dalam tampilan juga ada tombol ekspor data. Lihat gambar berikut ini.
ii. Opsi Tombol
Pada laman ini pengguna dapat gunakan opsi melalui beberapa tombol yakni Send Message, Send email, dan print pdf. Adapun untuk contoh opsi yang ada bisa dilihat di poin berikut.
1) Pada opsi ini pengguna dapat klik tombol Print PDF setelah itu akan tampil popup konfirmasi persetujuan print PDF
⇓⇓⇓
2) Pada form konfirmasi pilih pihak yang menyiapkan (Prepared) dan menyetujui (Approved). Jika sudah tepat lanjut klik Print PDF untuk memproses print pdf hingga file berhasil dicetak seperti contoh pada gambar berikut
iii. Export Data Tab Expenses
Pengguna juga dapat lakukan ekspor data pada tab expenses secara khusus. Ekspor data dapat dilakukan ke beberapa jenis file dan untuk menajalankan opsi ini simak poin berikut.
1) Pada tabel data expenses klik tombol Export untuk munculkan form export data berikut
2) Pilih salah satu pilihan export yang ada (Excel, csv, pdf, print) dan jika sudah diklik maka file berhasil terekspor sesuai pilihan. Adapun contoh di bawah ini adalah hasil ekspor data dalam bentuk file PDF
D. EDIT DATA TRANSFER BANK #
Di menu ini data transfer bank dapat diedit bila perlu adanya perubahan. Adapun untuk caranya sendiri dapat dilihat pada poin berikut ini.
1) Pada tabel data transfer bank lalu klik edit pada link opsi data yang muncul.
2) Setelah tombol akan muncul laman edit bank transfer dengan sama dengan laman tambah data. Pengguna dapat edit data secara langsung misal edit bank, amount, branch, dan lainnya.
3) Pada tab expenses juga pengguna bisa lakukan edit data dengan menambah atau edit expenses. Lihat gambar berikut ini.
4) Jika seluruh data yang diedit sudah tepat klik Save untuk memproses edit data. Tunggu proses berjalan dan bila berhasil maka akan muncul notifikasi sukses dan data berubah di tabel sistem
⇓⇓⇓
E. DELETE DATA TRANSFER BANK #
Pengguna juga bisa lakukan delete data transfer bank yang ada pada tabel data bila dirasa perlu dihapus. Adapun untuk langkah – langkahnya simak penjelasan berikut.
1) Pada tabel data transfer bank pilih salah satu data lalu klik link Delete dari daftar link yang otomatis muncul
2) Jika tombol diklik maka akan muncul konfirmasiuntuk hapus data. Pengguna dapatklik OK untuk proses hapus data tersebut
3) Tunggu proses hapus data berjalan di sistem dan jika sukses akan muncul notifikasi sukses dan data transfer bank berhasil terhapus di sistem
F. EXPORT DATA TRANSFER BANK #
Pada opsi ini data transfer bank yang sudah masuk ke sitem dapat diekspor ked alam beberapa jenis file. Adapun untuk melakukan opsi ini dapat ilihat pada penjelasan berikut ini.
1) Pada tabel data klik tombol export lalu akan tampil form pilihan ekspor file berikut ini
2) Ketika form terbuka pilih salah satu jenis ekspor file apakah excel, csv, pdf, atau print. Pada contoh berikut adalah ketika opsi Print diklik, ikuti langkah selanjutnya yakni dengan print data melalui form konfirmasi berikut ini.