Pada menu ini remunerasi dari pegawai yang menerima gaji ditentukan dan dikelola oleh admin melalui mekanisme yang tepat. Adanya remunerasi memungkinkan payroll berjalan sesuai dengan kriteria gaji sesuai aturan dan ketentuan berlaku. Pada menu ini ada beberapa opsi yang perlu dijalankan dan untuk lebih lengkapnya sudah terangkum dalam poin berikut.
A. TAMPILAN MENU REMUNERATION #
Untuk membuka tampilan awal menu admin dapat klik menu remuneration setelah itu akan muncul laman berikut ini.
⇓⇓⇓
Detail tampilan menu remuneration :
- Tombol Add, adalah tombol untuk menambah data remuneration baru ke tabel data
- Tab Data, berupa tab data yang mengelompokkan data remuneration berdasarkan statusnya (Approved, waiting, reject, draft)
- Filter Tabel & Tombol Opsi Tabel, berupa tombol untuk memfilter data berdasarkan jumlah row tabel dan tombol opsi tabel berupa export
- Tabel Data, berupa tabel remuneration dengan kolom code, effective date, staff name, dan approval status. Selain itu ada link opsi data yang muncul secara otomatis
Adapun untuk opsi yang ada di menu ini silahkan simak poin berikutnya.
B. ADD REMUNERATION #
Pada opsi ini pengguna dapat tambahkan data remuneration melalui beberapa tahapan berikut ini.
a. Add Remuneration Draft
1) Mula – mua Admin perlu menambah draft remuneration data terlebih dahulu dengan cara klik tombol New Remuneration pada laman awal
2) Ketika tombol diklik akan muncul laman tambah data remuneration berupa tab staff & remuneration. Isikan data staff terlebih dahulu untuk bisa menentukan remuneration
3) Isikan data berupa code, date, staff, staff status, job position, department, tax, dan PPH21 yang sifatnya required
4) Pada opsi select staff dan department klik select pada input form lalu akan munucl form pilihan sebagai berikut
Ket : select staff
Ket : select department
5) Pada tahap selanjutnya isikan data jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan data lainnya
6) Adapun bila semua sudah tepat klik save as draft untuk melanjutkan proses simpan data remuneration
7) Pada tahap akhir jika proses simpan data berhasil dilakukan akan muncul notifikasi sukses berikut ini dan admin dapat lanjut ke tahap selanjutnya
b. Add Remuneration
Pada tahap ini setelah draft disimpan admin dapat menambahkan remuneration untuk membuat slip gaji pada karyawan yang ada. Lihat langkah berikut ini.
1) Setelah data tersimpan secara otomatis admin akan berada di laman edit remuneration. Dalam laman tersebut terdapat tabel data remuneration, form income, dan form deduction.
2) Admin hanya perlu klik tab remuneration lalu klik select pada form salary slip. Lihat gambar berikut
3) Ketika tombol diklik akan muncul form untuk memilih slip gaji yang diinginkan. Admin dapat pilih salah satu jenis salary slip dengan klik select
4) Jika salary slip telah dipilih klik tombol add untuk menambahkan ke tabel remuneration
5) Apabila tombol add telah diklik maka data akan masuk ke tabel remuneration sebagai berikut.
6) Pada tahap selanjutnya admin perlu menambahkan data gaji (Income) dan potongan gaji (Deduction) dengan cara inputkan data income sesuai slip. Slip gaji sudah ditentukan melalui pengaturan
7) Contoh berikut adalah admin input data gaji berupa basic salary dan thr. Admin perlu input data tersebut sesuai ketentuan setelah itu klik save.
Ket : form input income
Ket : notifikasi sukses input income
8) Pada form deduction lakukan hal sama dengan input data potongan sesuai slip gaji yang telah ditentukan. Jika data sudah tepat klik save dan tunggu prosesnya sampai muncul notifikasi sukses input data deduction
Ket : form input income
Ket : notifikasi sukses input deduction
9) Adapun pada tahap selanjutnya admin dapat melakukan simpan data remuneration seluruhnya dengan klik tombol save pada laman awal
10) Jika proses berhasil maka akan muncul notifikasi sukses simpan data remuneration sebagai berikut
C. VIEW DATA REMUNERATION #
Pada opsi ini pengguna dapat lihat detail data payroll melalui beberapa langkah berikut.
1) Pada tabel data payroll pilih salah data lalu Klik link view
2) Jika link diklik akan muncul form detail payroll berupa code, nama staff, dan date.
3) Pada bagian lain terdapat tab task yang berisi beberapa tab berkaitan dengan tas mulai dari reminders, task, note, discuss, attachment, dan journal. Untuk pembahasan tab tersebut tidak kami jelaskan di tutorial ini.
D. EDIT DATA REMUNERATION #
Opsi ini dapat dilakukan bila admin ingin mengedit data payroll kembali bila perlu perubahan. Edit data bisa dilakukan kembali karena pada saat tambah data awal admin juga sudah sekaligus melakukan edit data remuneration. Adapun untuk penjelasannya silahkan simak ulasan berikut
1) Pada tabel data pilih salah satu data untuk diedit lalu klik edit.
2) Setelah tombol diklik akan tampil form edit data yang sama dengan saat tambah data. Admin dapat edit data dimulai dari tab staff dimana admin bisa edit data date, position, tax, dan lainnya
3) Ubah juga data lain pada tab remuneration misalnya dengan edit slip gaji dan data lainnya. Untuk penjelasan lengkap mengenai hal ini silakan simak tutorial add remuneration.
4) Adapun bila seluruh data yang diedit sudah tepat save untuk memproses edit data.
5) Tunggu proses edit data berjalan di sistem dan bila sukses maka data remuneration akan berubah dan muncul notifikasi sukses berikut
E. DELETE DATA REMUNERATION #
Admin dapat lakukan opsi delete remuneration bila tidak berlaku lagi. Adapun untuk melakukan hal ini dapat lihat beberapa langkah berikut.
1) Pastikan data remuneration tidak sedang digunakan dalam payroll. Setelah itu pilih salah satu data untuk dihapus lalu klik link Delete
2) Setelah tombol hapus diklik akan muncul konfirmasi untuk delete data dan admin dapat lanjutkan dengan klik OK
3) Tunggu proses delete berjalan di sistem dan jika berhasil maka data berhasil terhapus disertai notifiaksi sukses berikut